Jumat, Desember 2, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan yang Baik untuk GERD, Jadikan Lambung Lebih Nyaman

Makanan yang Baik untuk GERD, Jadikan Lambung Lebih Nyaman

Makanan yang baik untuk GERD penting diperhatikan oleh para penderitanya. GERD adalah kondisi kronis yang terjadi ketika asam lambung mengalir ke saluran makanan serta mengiritasi dinding dalamnya.

Perlu Anda tahu bahwa refluks asam dan asam lambung naik (heartburn) yang terjadi lebih dari dua kali seminggu dapat mengindikasikan GERD. Sebenarnya setiap orang dapat mengalami gejala dari penyakit ini.

Terutama setelah makan dalam jumlah yang banyak, makan pada larut malam atau saat mengonsumsi makanan yang memicu produksi asam lambung.

Mengingat GERD berkaitan dengan asupan makanan yang kita makan, maka penting untuk memperhatikan apa yang kita konsumsi.

Baca Juga: Makanan Sehat untuk Jantung dan Lambung, Simak Daftar Pilihannya!

Daftar Makanan yang Baik untuk GERD

Gastroesophageal reflux disease (GERD) dapat menyebabkan rasa terbakar di bagian dada akibat asam lambung yang naik. Gejala ini dapat kambuh ketika seseorang mengonsumsi makanan yang memicu kenaikan asam lambung.

Oleh karena itu, penderita GERD perlu menerapkan pola makan atau diet tertentu untuk mengendalikan gejala dari kondisi ini.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang baik untuk penderita GERD konsumsi antara lain:

Makanan Mengandung Alkaline

Jenis makanan dengan tinggi alkaline cukup baik bagi para penderita asam lambung. Pasalnya, jenis makanan ini memiliki sifat basa.

Dengan mengonsumsi makanan tinggi alkaline, maka perut akan terasa lebih nyaman begitu pula saat makan.

Jenis makanan ini dapat Anda temukan pada pisang, bunga kol, kacang-kacangan, serta adas (fennel). Selain itu, campuran perasan lemon dan madu dapat menjadi minuman alkaline yang baik untuk penderita GERD.

Baca Juga: Makanan Pencegah Asam Lambung Aman dan Sehat Dikonsumsi, Cek!

Makanan Tinggi Serat

Jenis makanan yang baik untuk penderita GERD selanjutnya adalah makanan tinggi serat.

Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa makanan tinggi serat terutama serat laut bisa membantu mengurangi gejala GERD.

Dengan kandungan serat yang tinggi akan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama dan terhindar dari makan berlebihan. Selain itu, makanan tinggi serat juga dapat mengurangi refluks asam.

Dalam hal ini para penderita dapat mengonsumsi beras merah, sayuran hijau, oatmeal, umbi yang dibakar, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Makanan untuk Kesehatan Otak dan Saraf, Konsumsi Ini!

Protein Rendah Lemak

Makanan yang berlemak tinggi atau gorengan cenderung dapat memperlambat pengosongan perut.

Selain itu juga mendorong lambung memproduksi asam lambung berlebih. Ini dapat memicu timbulnya GERD.

Oleh karena itu, sebaiknya penderita GERD mengonsumsi makanan yang mengandung protein rendah lemak yang cukup baik untuk kondisi lambung penderita. Seperti ikan, makanan laut, ayam, serta kalkun.

Dalam hal pengolahan, Anda dapat merebus atau memanggang agar dapat mengurangi asupan lemak.

Penderita juga dapat memilih telur sebagai alternatif makanan tinggi protein. Akan tetapi hindari konsumsi kuning telur yang memiliki kandungan tinggi lemak.

Dari berbagai jenis makanan yang baik untuk GERD di atas, sebaiknya penderita juga menghindari makan asam, pedas, bersantan, dan tinggi gula.

Selain itu, perhatikan jenis makanan dengan waktu makan yang teratur untuk menghindari kondisi asam lambung naik. (R10/HR-Online)