Senin, Desember 5, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Buah Black Sapote Cukup Beragam, Miliki Rasa Unik!

Manfaat Buah Black Sapote Cukup Beragam, Miliki Rasa Unik!

Manfaat buah Black Sapote tidak semua orang mengetahuinya. Black Sapote merupakan salah satu buah yang mempunyai tekstur unik layaknya puding coklat.

Tidak hanya teksturnya saja, saat buah ini matang juga memiliki rasa yang cukup unik seperti rasa puding coklat.

Buah ini memiliki kulit yang berwarna hijau, dengan bagian daging buah berwarna coklat tua serta sedikit berair dan memiliki beberapa biji di dalamnya.

Belakangan ini, Black Sapote cukup viral di media sosial, bahkan di kalangan para pecinta buah di Tanah Air.

Lalu manfaat apa sajakah yang terkandung dalam buah viral ini? Simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: Beragam Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan, Buah Unik Rasa Legit

Mengenal Manfaat Buah Black Sapote

Buah Black Sapote atau dengan nama saintifiknya Diospyros Nigra adalah buah yang berasal dari Meksiko Timur, Kolombia, dan Amerika Tengah.

Ini merupakan salah satu buah yang mengandung karotenoid dan katekin yang bisa menginduksi pelepasan lemak.

Kandungan ini juga dapat membantu organ hati untuk mengubah lemak menjadi energi. Perlu Anda tahu, bahwa Black Sapote merupakan jenis buah yang rendah lemak dan rendah kalori.

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, maka tidak ada salahnya untuk mencoba buah ini sebagai cemilan.

Sementara itu, terdapat manfaat lain dari buah Black Sapote yang mungkin tidak diketahui oleh sebagian masyarakat. Manfaat tersebut antara lain:

Baca Juga: Manfaat Buah Bidara untuk Otak, Anti Stres dan Menguatkan Tulang

Mengandung Zat Besi

Black Sapote memiliki kandungan zat besi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa zat besi dapat membantu memproduksi sel darah merah dalam tubuh.

Menutrisi Mata

Manfaat lain dari buah Black Sapote adalah dapat menjaga kesehatan mata serta mencegah organ penglihatan dari sejumlah gangguan. Dalam buah ini mengandung vitamin A yang cukup efektif dalam menjaga kesehatan mata.

Menjaga Imun Tubuh

Di dalam buah Black Sapote mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Maka tidak heran jika dengan memakan buah ini, maka sistem kekebalan tubuh pun akan menjadi lebih kuat.

Sebagai Sumber Energi

Dalam setiap 100 gram buah Black Sapote terdapat kurang lebih 80 kalori yang mana hal ini dihasilkan oleh karbohidrat. Dengan demikian, buah Black Sapote juga memiliki manfaat sebagai sumber energi bagi tubuh.

Baca Juga: Manfaat Buah Manggis yang Baik untuk Diet, Anti Kanker dan Radang

Berkalium Tinggi

Dalam satu buah Black Sapote memiliki kandungan kalium hingga 350 gram. Dengan kandungan elektrolit ini tentu memiliki manfaat yang sangat baik untuk pertumbuhan otot serta kesehatan jantung.

Apabila tubuh kekurangan kalium, maka tubuh akan berisiko mengalami beberapa masalah kesehatan. Seperti tekanan darah tinggi hingga kesehatan ginjal yang terganggu.

Masih banyak lagi manfaat buah Black Sapote yang dapat Anda peroleh. Bagi Anda yang penasaran, cobalah untuk mengonsumsi buah ini. Selain nikmat, dengan banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya tentu sangat menyehatkan bagi tubuh. (R10/HR-Online)