Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Daun Belimbing Wuluh yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Manfaat Daun Belimbing Wuluh yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Manfaat daun belimbing wuluh bagi kesehatan tentu sangat mengejutkan bagi banyak orang, mungkin termasuk Anda adalah salah satunya.

Selama ini diketahui hanya belimbing wuluh saja yang memiliki manfaat. Namun daunnya pun juga sangat baik untuk kesehatan, sebab memiliki banyak kandungan seperti flavonoid, tanin, alkaloid, hingga steroid.

Bahkan katanya bahwa daun belimbing wuluh untuk kesehatan ini sebenarnya sudah dipercaya sejak lama.

Baca Juga: Obat Herbal Daun Sirsak yang Berkhasiat Usir Kanker hingga Asam Urat

Manfaat Daun Belimbing Wuluh untuk Menjaga Kesehatan, Apa Saja?

Mungkin belimbing wuluh sudah tidak begitu asing lagi bagi sebagian besar masyarakat, tak terkecuali orang Indonesia.

Memiliki rasa yang cukup asam memang seringkali dijadikan sebagai bahan untuk memasak sampai dengan untuk lalapan sekalipun.

Namun tidak hanya buahnya saja, melainkan daun belimbing wuluh rupanya juga memiliki berbagai macam khasiat untuk kesehatan.

Buah maupun daun dari belimbing wuluh ini memang sudah sejak lama banyak yang menggunakannya sebagai bahan dasar masakan serta obat tradisional.

Potensi manfaat dari daun tersebut terutama untuk kesehatan berkat adanya kandungan senyawa aktif di dalamnya. Jika Anda belum mengetahui apa saja khasiatnya, maka bisa menyimak beberapa manfaat berikut ini dengan seksama!

Baca Juga: Manfaat Daun Anyang-anyang Sebagai Obat Herbal Berbagai Penyakit

Mampu Menurunkan Panas dan Demam

Salah satu manfaat daun belimbing wuluh adalah mampu untuk menurunkan rasa panas maupun demam pada seseorang.

Sehingga cukup dengan memanfaatkan atau menggunakan daun ini, maka rasa panas akan lebih cepat reda.

Tidak hanya itu saja, melainkan cara penggunaannya juga tergolong sangat mudah dan praktis. Anda bisa mengompres anak Anda misalnya saat lagi demam dengan tumbukan dari daun belimbing wuluh itu.

Mampu Mengatasi Gigi Berlubang

Siapa sangka, ternyata daun belimbing wuluh seperti ini memiliki sifat berupa antibakteri. Nah, sifat ini asalnya dari kandungan tanin, flavonoid, asam format, hingga sulfur yang efektif menghambat pertumbuhan bakteri.

Seperti yang kita ketahui bahwa gigi berlubang maupun karies gigi adalah permasalahan kesehatan yang terjadi karena infeksi bakteri.

Tentunya kondisi seperti ini bisa membuat gigi sakit dan berlubang, guna mengatasinya, maka bisa menggunakan daun belimbing wuluh.

Baca Juga: Manfaat Daun Patikan Kebo untuk Kesehatan, Bisa Obati Asma!

Mampu Mengontrol Kolesterol dalam Tubuh

Ternyata daun belimbing wuluh juga sangat efektif dan mampu untuk mengontrol kolesterol pada seseorang. Hal ini bisa terjadi karena adanya kandungan berupa saponin dalam daun belimbing wuluh tersebut.

Tidak hanya itu saja, melainkan kandungan saponin itu juga dapat menurunkan risiko meningkatkan kolesterol dalam darah. Serta mampu untuk mencegah kembalinya penyerapan tersebut dengan mudah.

Seperti yang kita tahu bahwa kadar kolesterol yang sangat tinggi maka akan menimbulkan dampak yang serius. Salah satunya bisa menyebabkan obesitas, penyakit jantung koroner, hingga stroke.

Sehingga salah satu tips untuk mencegah dan mengatasi hal semacam itu, jangan lupa manfaatkan daun belimbing wuluh tersebut.

Karena ada banyak sekali manfaat daun belimbing wuluh untuk kesehatan seperti pembahasan di atas. (R10/HR-Online)