Jumat, Desember 2, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Kismis untuk Kesehatan, Mampu Mencegah Risiko Kanker!

Manfaat Kismis untuk Kesehatan, Mampu Mencegah Risiko Kanker!

Manfaat kismis untuk kesehatan cukup banyak, salah satunya adalah mampu untuk mencegah kanker, sebab memiliki antioksidan yang tinggi.

Kismis sendiri adalah produk olahan dari anggur dengan wujud yang sudah dikeringkan hingga kulitnya menjadi keriput.

Jika kita lihat sepintas memang kismis ini tidak menarik untuk kita makan, hal ini karena bentuknya tidak tidak menarik.

Namun siapa sangka, ternyata kismis seperti ini memiliki banyak manfaat yang tidak terduga untuk tubuh manusia.

Baca Juga: Makanan untuk Kesehatan Mata yang Enak dan Murah

Manfaat Kismis untuk Kesehatan yang Baik Bagi Tubuh Manusia

Biasanya kismis ini bisa muncul dalam beberapa warna mulai dari kuning, coklat, sampai ungu-ungu kehitaman.

Nah, berkat cita rasa dan bentuknya yang manis serta unik, maka kismis ini sering dijadikan sebagai camilan sehat atau sebagai bahan tambahan makanan.

Bahkan potongan berwarna-warni ini banyak yang menjadikannya sebagai topping maupun campuran dalam oatmeal, smoothie, hingga kue.

Meski demikian, ternyata kismis ini juga bisa Anda konsumsi secara langsung dan baik untuk tubuh manusia.

Biasanya buah anggur yang sudah kering ini minimal akan diproses tanpa ada tambahan bahan pengawet apapun.

Meski demikian juga mengandung banyak nutrisi seperti tembaga, zat besi, kalium, mangan, vitamin B6, dan masih banyak lagi. Apa saja khasiatnya?

Baca Juga: Makanan untuk Kesehatan Otak dan Saraf, Konsumsi Ini!

Mampu Mencegah Penyakit Kronis

Manfaat kismis untuk kesehatan yang pertama ini adalah mampu untuk mencegah penyakit kronis dan melawan radikal bebas dalam tubuh.

Mengingat jika radikal bebas kita biarkan begitu saja, maka bisa menyebabkan kerusakan pada sel dan DNA seseorang.

Nah, kondisi seperti ini ternyata mampu meningkatkan risiko terjadinya penyakit kronis, seperti jantung dan kanker. Oleh karena itu, untuk mencegahnya bisa mengonsumsi kismis dengan pola makan bergizi dan gaya hidup sehat pula.

Mampu Melancarkan Pencernaan

Siapa sangka ternyata sarat dan serat dalam kismis ini sangat baik untuk kesehatan tubuh, terutama pencernaan. Pasalnya buah kering seperti ini efektif untuk mengecilkan tinja hingga mencegah terjadinya sembelit berlebih.

Selain itu, secara teratur dengan mengonsumsi kismis juga bisa mempercepat proses pencernaan juga jumlah bakteri dalam usus yang baik.

Sebab anggur kering ini mengandung asam tartrat yang bersifat anti inflamasi yang bisa mengurangi risiko kanker kolorektal.

Baca Juga: Manfaat Makan Kurma untuk Kesehatan Tubuh, Simak Kandungan Gizinya

Mampu Memberi Energi Tubuh

Ternyata kismis atau buah anggur kering ini baik untuk kesehatan, sebab bisa memberi energi dalam tubuh secara maksimal. Kismis sendiri memang memiliki kandungan gula yang cukup tinggi.

Namun siapa sangka ternyata kandungan gula yang tinggi seperti itu memiliki kadar kalori yang tinggi pula dan baik untuk asupan kalori. Mengingat bahwa kalori memang bisa memberi energi bagi tubuh dan rasa kenyang.

Berbagai macam manfaat dari anggur kering ini bisa Anda rasakan secara maksimal apabila mengimbanginya dengan pola makan sehat.

Namun penting Anda tahu bahwa buah kering ini memang banyak mengandung gula, sehingga harus memperhatikan jumlah saat mengonsumsinya.

Sebaiknya sesuaikan jumlah tersebut dengan batasan konsumsi gula Anda per harinya. Setelah tahu manfaat kismis untuk kesehatan, mungkin Anda kini berkeinginan untuk membelinya bukan? (R10/HR-Online)