Minggu, Oktober 2, 2022
BerandaBerita CiamisMasyarakat Kampung Dokdak Ciamis Dilatih Strategi Bisnis

Masyarakat Kampung Dokdak Ciamis Dilatih Strategi Bisnis

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Galuh Ciamis menggelar kegiatan pelatihan dan pendampingan strategi pengembangan usaha berbasis nilai kearifan lokal masyarakat Kampung Dokdak, Jum’at (19/8/2022).

Kampung Dokdak sendiri berada di Lingkungan Karang Bakti, Desa Baregbeg, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (19/8/2022).

Ketua pelaksana kegiatan, Aan Suryana mengatakan, kegiatan ini dalam rangka kegiatan pengabdian yang diselenggarakan oleh Dosen Prodi Pendidikan Sejarah, FKIP berkolaborasi dengan Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi.

“Tujuan kegiatan penelitian ini untuk memberikan pelatihan dan pendampingan terkait strategi pengembangan usaha berbasis nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Kampung Dokdak untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pasca Pandemi Covid-19,” katanya.

Baca Juga: Bersihkan Ruang Tamu, Warga Ciamis Ini Terkejut Biawak Besar Masuk Rumah

Menurutnya, Kampung Dokdak ini sudah ada selama puluhan tahun silam. Karena waktunya sudah lama, maka dari itu Kampung ini mempunyai nilai sejarah dan bahkan sudah diturunkan dari generasi sebelumnya. Saat ini sudah ada 3 generasi.

“Kita lebih kepada pendampingan, bagaimana caranya Kampung Dokdak ini tetap eksis pada masa global seperti ini. Tentunya dengan mempertahankan ciri khas yaitu dengan penggunaan alat tradisional dari keadaan seperti ini. Jadinya punya nilai lebih dari pandai besi lainnya,” tuturnya.

Selain mendampingi, pihaknya juga berusaha membantu pengrajin untuk memajukan usahanya. Misalnya masalah permodalan, tidak secara langsung memberikan modal, namun memfasilitasi masyarakat Kampung Dokdak Ciamis untuk mendapat modal.

“Jadi memfasilitasi bagaimana cara membuat proposal atau pengajuan peminjaman modal. Supaya dari peminjam modal tersebut justru tidak memberatkan pihak perajin,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Baregbeg, Owoy mengucapkan terima kasih kepada para tim Universitas Galuh Ciamis yang telah menggelar kegiatan ini

Owo berharap pelatihan dari Unigal Ciamis untuk masyarakat Kampung Dokdak bisa meningkatkan perekonomian.

“Mudah-mudahan dengan kolaborasi dengan Unigal perekonomian di Lingkungan Kampung Dokdak sedikit-sedikit bisa semakin naik,” pungkasnya. (Feri/R7/HR-Online/Editor-Ndu)