Sabtu, Oktober 1, 2022
BerandaBerita TerbaruMau Ngeprint Malah Save As Terus? Begini Cara Mengatasinya

Mau Ngeprint Malah Save As Terus? Begini Cara Mengatasinya

Mau ngeprint malah Save As terus, tentunya membuat kesal. Lantas bagaimana cara mengatasi salah satu masalah pada printer tersebut?

Kadang kala, ketika akan melakukan cetak dokumen ada beberapa masalah yang menyebabkan proses cetak gagal.

Seharusnya ketika akan mengeprint sebuah dokumen baik itu berupa teks, foto atau yang lainnya maka akan menuju printer seperti biasa. Tapi, bagaimana jika ternyata setelah Anda mencoba ngeprint, malah beralih sehingga harus melakukan Save As?

Anda pasti bertanya-tanya atau malah lama kelamaan menjadi kesal karena masalah tersebut. Nah, sebenarnya apa sih penyebab dari kasus tersebut?

Bagaimana cara mudah mengatasi masalah mau ngeprint malah Save As terus? Tenang, pertanyaan-pertanyaan tersebut akan terjawab setelah Anda membaca artikel ini.

Penjelasan kali ini, tidak hanya memaparkan solusi mengenai masalah ketika mau ngeprint malah Save As terus saja. Namun juga menjelaskan tentang bagaimana cara mengeprint dokumen dengan benar.

Print merupakan proses cetak file dari soft print (tampilan yang berada di layar laptop/PC) ke bentuk cetak menggunakan media kertas (hard print). Sederhananya,  print merupakan proses cetak dari file digital ke media kertas.

Baca Juga: Cara Merawat Printer Luar Dalam dengan Baik

Tujuan melakukan print dokumen itu sendiri biasanya sebagai bukti laporan, bukti tugas ilmiah, karya tulis atau arsip surat-menyurat. Tentunya, setiap dokumen yang kita print memiliki tujuan tertentu bagi pemilik file tersebut.

Misalnya dokumen cetak keuangan yang akan diajukan tanda tangan pengesahan ke Manajer, print beragam form pembukuan dan lain-lain.

Sebelum membahas solusi ketika mau ngeprint malah Save As terus, ada baiknya Anda mengetahui langkah-langkah ngeprint dengan benar.

Berikut merupakan cara mengeprint dokumen melalui Microsoft Word.

Cara Mengeprint Dokumen Melalui Microsoft Office

  1. Siapkan file yang akan Anda print terlebih dahulu, bisa format word, excel, ataupun PPT.
  2. Setelah memasuki lembar kerja, klik bagian File lalu pilih opsi “Print”. Anda juga bisa menggunakan cara cepat dengan menekan tombol Ctrl+P pada keyboard.
  3. Apabila Anda sudah yakin dengan file yang akan Anda cetak, langsung saja tekan perintah Print.
  4. Selesai, apabila Anda telah mengikuti langkah-langkah mengeprint dengan benar maka dokumen akan segera tercetak. Pastikan juga kertas yang berada dalam printer, tidak habis ya!

Apabila Anda telah mengikuti cara ngeprint di atas namun tetap dialihkan untuk melakukan Save As terus, Anda bisa menyimak penjelasan berikut.

Baca Juga: Printer Epson Bermasalah, Begini Mengatasinya

Penyebab dari proses print yang teralihkan menjadi Save As tersebut, sebenarnya merupakan kesalahan kecil ketika melakukan pengaturan/setelan. Kesalahan tersebut adalah opsi Print to file yang aktif.

Mungkin, setelan Print to file tersebut tidak sengaja Anda atau orang lain aktifkan. Sehingga, proses print yang akan Anda lakukan tidak dapat langsung menuju ke printer.

Pengaturan tersebut tentunya bisa dinonaktifkan dengan mudah, sehingga tidak akan membuat Anda kebingungan lagi. Inilah cara mengatasi masalah ketika mau ngeprint malah Save As terus.

Cara Mengatasi Masalah Ketika Mau Ngeprint Malah Save As Terus

  1. Buka Microsoft Word, Excel ataupun Power Point, tujuannya adalah sebagai jalan untuk menuju ke opsi printer. Jadi, Anda tidak harus membuka file word yang berisi data saja.
  2. Untuk melakukan print, Anda bisa menekan menu File
  3. Kemudian, pilihlah opsi “Print” dan klik pada pilihan Printer
  4. Hilangkan tanda centang untuk menonaktifkan opsi “Print to file”
  5. Selesai, kini Anda tidak perlu lagi bingung bila kasus di atas terjadi lagi.

Perlu Anda ingat bahwa tidak semua jenis tipe printer, memiliki letak opsi print to file yang sama.

Bila Anda tidak menemukan opsi tersebut, coba pergi ke bagian “printer properties” lalu klik “advanced”. Nah biasanya opsi print to file juga terletak di situ.

Jika Anda masih belum menemukan atau masih merasa bingung, silahkan mencarinya di Google sesuai dengan merek printer yang Anda gunakan. Intinya tetap sama, yaitu dengan menonaktifkan “print to file”

Itulah penjelasan mengenai cara mengatasi masalah ketika mau ngeprint malah Save As terus. Ternyata sangat mudah kan! (R7/HR-Online/Editor-Ndu)