Selasa, November 29, 2022
BerandaBerita CiamisMelalui Karasmen 17 Agustusan, Warga Desawetan Ciamis Ekspresikan Harapan

Melalui Karasmen 17 Agustusan, Warga Desawetan Ciamis Ekspresikan Harapan

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Karasmen 17 Agustusan dari Dusun Desawetan, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengekspresikan harapan rumah tidak layak huni di daerahnya mendapatkan bantuan Program Rutilahu.

Apresiasi dan harapan kembali adanya bantuan Program Rutilahu (Rumah tidak layak huni) itu warga ungkapkan melalui Karasmen 17 Agustusan. Acaranya berlangsung di Lapang Jaya Santana, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Rabu (17/08/2022).

Mansur, tokoh masyarakat Dusun Desawetan mengatakan, Karasmen pada acara perayaan HUT RI ke-77 dari dusunnya tidak semata-mata berharap kembali adanya bantuan Program Rutilahu. Akan tetapi mengapresiasi juga terhadap Pemkab Ciamis yang telah memberikan bantuan anggaran untuk pembangunan rutilahu.

Ia berharap pemerintah kembali menggelontorkan program tersebut. Pasalnya, masih ada delapan rumah di daerahnya yang masuk kategori tidak layak huni. Sehingga perlu mendapatkan bantuan untuk perbaikan.

Baca Juga : 125 Narapidana Lapas Ciamis Terima Remisi, 1 Langsung Bebas

“Karasmen 17 Agustusan yang kami buat untuk memeriahkan HUT RI tahun ini tidak hanya mencerminkan kondisi rumah tidak layak huni. Tapi rumah yang telah mendapatkan perbaikan melalui Program Rutilahu kami sertakan juga,” kata Mansur.

Ia menambahkan, Karasmen 17 Agustusan yang disuguhkan itu hanya sebagai apresiasi dan harapan warga. Agar rumah tidak layak huni segera mendapatkan bantuan.

Begitu juga dengan instalasi listriknya. Sebab, empat rumah yang telah mendapatkan bantuan Rutilahu, lampu penerangannya masih mengandalkan ngeting dari tetangga. (Dji/R3/HR-Online/Editor-Eva)