Selasa, November 29, 2022
BerandaBerita CiamisMeriahkan HUT RI, Warga Ciakar Ciamis Ramai-ramai Ngagubyag

Meriahkan HUT RI, Warga Ciakar Ciamis Ramai-ramai Ngagubyag

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Warga Dusun Desakulon, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ramai-ramai ngagubyag kolam ikan. Kegiatan ini digelar oleh Karang Taruna Desakulon dalam rangka meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 77, Minggu (21/8/2022).

Nanang, Pengurus Karang Taruna Dusun Desakulon Ciakar mengatakan, dalam HUT RI tahun ini menggelar berbagai perlombaan untuk warga salah satu yang paling menarik adalah ngagubyag.

Adapun lomba lainnya seperti balap karung, panjat pinang dan perlombaan lainnya untuk anak dan remaja. Selain ngagubyag, salah satu lomba favorit warga adalah panjat pinang.

Ngagubyag merupakan tradisi menangkap ikan dengan tangan kosong. Tradisi ini digelar pada saat momen-momen tertentu, seperti Agustusan, Idul Fitri dan merayakan kemenangan Pilkades atau Pemilu.

Sedangkan panjat pinang merupakan permainan sederhana. Namun perlu adanya kekompakan dan strategi agar bisa mencapai puncak pohon pinang untuk mendapatkan hadiah.

“Ya, panjat pinang bukan hanya seru dan memiliki sisi hiburan akan tetapi mengandung arti mendalam. Mengajarkan kekompakan dan kerja sama,” kata Nanang.

Secara tidak langsung memberikan pelajaran dan mengingatkan jerih payah para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

“Panjat pinang ada dua pohon, anak-anak dan remaja. Sedangkan ngagubyag untuk siapa saja seluruh warga Ciakar umumnya. Paling penting saat menangkap ikan tidak pakai alat,” jelasnya.

Dian Kusdiana, Tokoh Masyarakat Ciakar menambahkan, pada jaman dahulu panjat pinang menjadi hiburan bagi orang Belanda.

Mulanya panjat pinang digelar ketika peringatan ulang tahun Ratu Belanda. Namun, seiring dengan perkembangan jaman, panjat pinang jadi lomba paling favorit dalam acara agustusan.

“Panjat pinang memiliki filosofi yang dalam yakni dapat mengajarkan sebuah perjuangan untuk mencapai kemerdekaan. Melahirkan rasa kebersamaan serta mampu menyingkirkan ego pribadi,” jelasnya.

Sedangkan ngagubyag sudah menjadi tradisi warga Jawa Barat yakni menangkap ikan dengan tangan kosong.

“Acara ngagubyag biasanya pada acara kemenangan Pilkades,” pungkasnya. (Edji/R9/HR-Online/Editor-Dadang)