Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita TerbaruPantangan Makanan Penderita Osteoporosis yang Perlu Diketahui!

Pantangan Makanan Penderita Osteoporosis yang Perlu Diketahui!

Pantangan makanan penderita osteoporosis penting untuk diketahui agar kondisi tidak semakin parah.

Pasalnya, para penderita osteoporosis mempunyai tulang yang cukup rapuh dan berongga. Sehingga akan lebih rentan patah.

Terdapat beragam faktor yang mempengaruhi kondisi ini, salah satunya adalah berasal dari makanan yang Anda konsumsi.

Oleh karena itu, para penderita osteoporosis penting untuk membatasi asupan makanan rentan picu penyakit ini.

Baca Juga: Pantangan Makanan Sakit Tulang Belakang yang Sebaiknya Dihindari

Daftar Pantangan Makanan Penderita Osteoporosis

Osteoporosis atau tulang keropos merupakan salah satu jenis penyakit yang memiliki sifat khas.

Sifat khas tersebut berupa rendahnya massa tulang yang disertai dengan penurunan kualitas jaringan tulang yang bisa menyebabkan kerapuhan tulang.

Keadaan ini dapat terjadi apabila kemampuan tubuh dalam mengontrol mineral pada tulang mengalami gangguan akibat dari pasokan kalsium yang tidak cukup. Salah satu penyebab terjadinya osteoporosis adalah berasal dari makanan.

Seperti yang kita ketahui, bahwa kalsium dapat kita peroleh dari makanan yang tepat. Sementara itu, terdapat pula jenis makanan yang justru menghambat penyerapan kalsium pada tubuh.

Dengan demikian, mineral tulang akan mengalami penyusutan yang akhirnya akan menyebabkan osteoporosis. Adapun jenis pantangan makanan bagi para penderita osteoporosis antara lain:

Baca Juga: Makanan Penyebab Gigi Berlubang Apa Saja? Batasi Konsumsinya!

Kacang-Kacangan

Sebagian besar kacang-kacangan mengandung tinggi kalsium, serat, magnesium, serta nutrisi penting lainnya. Akan tetapi terdapat beberapa jenis kacang-kacangan juga mengandung tinggi zat fitat.

Zat fitat pada kacang-kacangan tersebut bisa mengganggu tubuh dalam menyerap kalsium.  Sehingga tubuh tidak dapat menyerap kalsium secara maksimal pada saat mengonsumsi kacang-kacangan.

Meski demikian, bukan berarti kacang-kacangan harus Anda hindari begitu saja. Dalam hal ini Anda dapat mengurangi kadar zat fitat yang ada pada kacang-kacangan.

Caranya dengan merendam kacang ke dalam air selama beberapa jam sebelum akhirnya dapat Anda olah menjadi makanan.

Bayam

Pantangan makanan penderita osteoporosis berikutnya adalah bayam. Bayam mengandung zat oksalat yang dapat berpengaruh pada kesehatan tulang.

Meskipun merupakan sumber kalsium terbaik, akan tetapi tubuh merasa sulit untuk dapat mengekstrak nutrisi dalam pembentukan tulang yang diperoleh dari makanan yang mengandung oksalat.

Makanan Tinggi Gula

Tak hanya menyebabkan obesitas serta diabetes mellitus tipe 2, makanan tinggi gula juga masuk dalam daftar pantangan makanan bagi penderita osteoporosis alias tulang keropos.

Kerusakan yang terjadi pada tulang dapat terjadi karena konsumsi terlalu banyak gula dan tidak mendapatkan cukup makanan kaya gizi.

Baca Juga: Pantangan Makanan Penyakit Hipertensi, Ini Daftarnya!

Makanan Tinggi Garam

Selain tidak baik untuk kesehatan dan dapat memicu hipertensi, makanan tinggi garam atau natrium ternyata untuk kesehatan tulang juga tidak baik.

Hal ini karena garam dapat menyebabkan tubuh kehilangan banyak kalsium. Sehingga pengeroposan tulang pun bisa terjadi dengan cukup mudah.

Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung garam antara lain makanan olahan, camilan, makanan kaleng, dan lain sebagainya.

Jenis pantangan makanan penderita osteoporosis lainnya adalah daging merah, minuman beralkohol, hingga kafein. Perlu Anda ingat bahwa penderita tidak harus menghindari jenis makanan tersebut sepenuhnya.

Akan tetapi hanya perlu membatasi supaya tidak berlebihan dalam mengonsumsi, sehingga kesehatan tulang pun akan lebih terjaga. (R10/HR-Online)