Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita BisnisPeluang Usaha di Bidang Farmasi Selain Apoteker, Apa Saja?

Peluang Usaha di Bidang Farmasi Selain Apoteker, Apa Saja?

Peluang usaha di bidang farmasi cukup menjadi perhatian saat ini. Terlebih setelah terjadinya pandemi sejak 2019 lalu yang membuat peran medis, termasuk farmasis sangat terlihat.

Farmasi sendiri merupakan bidang atau program studi yang masih termasuk ke dalam ilmu kesehatan.

Orang-orang yang mempelajari farmasi akan fokus pada obat-obatan, baik itu alami maupun sintetis.

Tentu saja peluang usaha di bidang ini juga cukup besar, karena merupakan salah satu ilmu interdisipliner yang berhubungan dengan ilmu lain. Sebut saja seperti biologi, kimia, hingga manajemen.

Baca Juga: Peluang Usaha Rumahan di Desa Modal Kecil yang Menjanjikan

Apa Saja Sebenarnya Peluang Usaha di Bidang Farmasi?

Sejak dulu, industri kesehatan memang mengambil peran penting di dalam masyarakat. Itulah kenapa, bidang ilmu ini tidak pernah sepi peminat.

Salah satu bidang yang ada di dalam ilmu kesehatan adalah farmasi. Jika Anda berada di bidang farmasi, maka itu juga memiliki peluang usaha yang sangat besar.

Cakupan farmasi sangatlah luas. Farmasi akan bertanggung jawab untuk pengamanan, pengadaan, penyimpanan, serta pendistribusian obat-obatan.

Kebanyakan orang mungkin berpikir bahwa farmasi hanya bisa membuka usaha apotek saja. Padahal, peluang usaha farmasi sangat beragam.

Selain itu, untuk membuka apotek juga sebenarnya tidak mudah karena membutuhkan berbagai persyaratan serta proses yang lama. Untuk membuka usaha apotek juga membutuhkan biaya yang besar.

Berikut ini beberapa jenis peluang usaha yang bisa Anda pilih sebagai seorang farmasis.

Baca Juga: Peluang Usaha yang Berhubungan dengan Pertanian yang Potensial

Peneliti Farmasi

Menjadi seorang peneliti farmasi merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan. Tugas dari peneliti farmasi adalah untuk melakukan penelitian.

Misalnya, Anda akan melakukan penelitian terhadap potensi tanaman obat yang kini sangat melimpah di Indonesia. Anda juga bisa bekerja di bidang penelitian pemerintah atau LIPI.

Farmasi Komunitas

Peluang usaha di bidang farmasi selanjutnya adalah menjadi farmasi komunitas. Artinya, Anda akan memberikan pelayanan di sarana kesehatan terdekat dengan komunitas masyarakat seperti apotek, puskesmas, klinik, dan lain sebagainya.

Tugas utamanya adalah untuk memberikan pelayanan yang berkaitan dengan obat-obatan komunitas masyarakat tertentu.

Laboratorium Klinik

Peluang bidang farmasi memang tidak jauh-jauh dari fasilitas kesehatan, salah satunya adalah menjadi petugas laboratorium klinik.

Laboratorium klinik sendiri merupakan sebuah laboratorium kesehatan yang bisa melaksanakan pelayanan dan pemeriksaan spesimen klinik dengan tujuan mendapatkan berbagai informasi kesehatan perorangan. Terutama bertujuan untuk menunjang diagnosis penyakit dan juga memulihkan kesehatan.

Baca Juga: Peluang Usaha Digital Printing, Bisnis Prospektif Bisa Dimulai dari Rumah

Farmasi Industri

Kalau dalam farmasi industri, Anda bisa bekerja pada bagian research and development (R&D). Tugasnya adalah menentukan formula, spesifikasi bahan baku dalam membuat obat, dan juga teknik pembuatannya.

Farmasi industri adalah salah satu peluang usaha yang bisa Anda pilih karena pendapatannya pun sangat menjanjikan.

Itu hanya sebagian kecil peluang usaha di bidang farmasi yang ada di Indonesia selain menjadi apoteker.

Bagaimanapun juga farmasi merupakan bidang ilmu kesehatan yang tidak akan punah dan selalu dibutuhkan setiap waktu. (R10/HR-Online)