Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita BisnisPeluang Usaha Ternak Burung Puyuh Menjanjikan, Ini Alasannya

Peluang Usaha Ternak Burung Puyuh Menjanjikan, Ini Alasannya

Peluang usaha ternak burung puyuh menjanjikan. Banyak alasan yang menyebabkan mengapa usaha yang satu ini selalu tidak sepi konsumen.

Menjalankan sebuah usaha atau bisnis memang tidak bisa begitu saja. Banyak hal yang harus Anda persiapkan agar usaha dapat berjalan dengan lancar. 

Selain itu, menganalisis usaha sebelum menjalankannya menjadi hal yang penting. Seperti adanya peluang usaha ini, yang kini justru semakin berkembang.

Burung puyuh menjadi salah satu usaha peternakan yang terus berkembang dan produktif meski pandemi. Selain itu, persaingan usaha tersebut juga tidak sebanyak peternak lainnya.

Misalnya ternak ayam, kambing, maupun sapi. Sebenarnya banyak alasan mengapa ternak burung puyuh cukup menjanjikan.

Jika Anda ingin mencobanya, cari tahu apakah peluang usaha tersebut tepat pada area lokasi usaha yang Anda dirikan.

Baca Juga: Ide Peluang Usaha Modal Kecil yang Sangat Menguntungkan

Peluang Usaha Ternak Burung Puyuh Sangat Menjanjikan

Mengetahui peluang usaha hingga risiko yang akan Anda hadapi menjadi beberapa hal penting yang harus para pelaku usaha lakukan. Cara ini perlu Anda lakukan agar dapat mencapai keuntungan yang besar.

Selain itu, ada banyak alasan mengapa peluang usaha ini cukup menjanjikan. Berikut ini ada beberapa alasan mengapa ternak burung puyuh banyak menjadi pilihan.

Tidak Rentan Terhadap Penyakit

Burung puyuh menjadi salah satu jenis unggas yang memiliki risiko sakit lebih sedikit daripada lainnya. Adapun salah satu penyebab munculnya penyakit yang burung puyuh hadapi yaitu Snot dan ND.

Penyakit tersebut menyerang saluran pernafasan. Hal ini karena udaranya yang dingin dan sirkulasi udara yang kurang baik.

Sebenarnya masih banyak jenis penyakit yang bisa menyerang burung puyuh.

Baca Juga: Budidaya Udang Air Tawar, Peluang Usaha Ternak Cepat Panen

Permintaan yang Semakin Meningkat

Ada alasan lain yang mengakibatkan burung puyuh tetap laris di pasaran. Dari permintaannya tercatat ada 11 juta butir telur. Padahal Indonesia baru mampu memberikan persediaan 3,5 juta butir telur.

Karena alasan inilah mengapa peluang usaha ternak burung puyuh cukup menjanjikan. Sebab pesaing masih relatif kecil. Tidak ada salahnya Anda mencoba menjalankan usaha yang satu ini.

Burung Puyuh Bisa Dimanfaatkan Dagingnya

Peluang usaha ternak burung puyuh tidak hanya datang dari telurnya saja. Namun burung puyuh yang sudah tidak lagi bertelur masih bisa dimanfaatkan dagingnya.

Ada banyak restoran yang menjual olahan burung puyuh. Ada banyak kandungan gizi dalam daging burung puyuh.

Banyaknya kandungan yang baik tersebut membuat burung puyuh menjadi makanan bagus untuk ibu hamil.

Baca Juga: Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung, Apakah Menguntungkan?

Kotoran Burung Puyuh Bermanfaat

Menjalankan usaha ternak burung puyuh ternyata memberikan keuntungan banyak. Tidak hanya datang dari telur dan dagingnya saja, namun kotorannya pun bisa Anda manfaatkan.

Limbah kotoran burung puyuh bisa diolah menjadi pupuk organik dan disalurkan untuk para petani.

Dari beberapa alasan inilah bisa kita simpulkan jika peluang usaha ternak burung puyuh cukup terbuka lebar. (R10/HR-Online)