Minggu, Februari 5, 2023
BerandaBerita PangandaranPembangunan Gedung Perpustakaan Daerah Pangandaran Bakal Rampung Desember 2022

Pembangunan Gedung Perpustakaan Daerah Pangandaran Bakal Rampung Desember 2022

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pembangunan gedung perpustakaan daerah Pangandaran bakal selesai pada Desember 2022 mendatang. Pembangunan tersebut masuk dalam 3 proyek strategis Pemkab Pangandaran.

Kadis Perpustakaan Daerah Pangandaran Tatang Surya Praja mengatakan, perluasan pembangunan gedung tersebut merupakan salah satu upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya meningkatkan minat baca.

Ia menyebut anggaran pembangunan gedung tersebut bersumber dari DAK.

“Tempat ini sebagai penunjang untuk mengelola buku dari awal sampai selesai sebelum bukunya kita simpan,” kata Tatang, Jumat (26/8/22).

Baca juga: Tahun 2023, PCNU Pangandaran Berencana Bangun 3 Klinik

Di gedung tersebut, kata Tatang, nantinya ada ruangan khusus untuk mengelola buku yang ada. Sementara di lantai 2 khusus untuk pengunjung yang ingin membaca, sehingga mereka lebih rileks dan nyaman.

Meskipun zaman sudah makin maju dengan adanya digital, sambungnya, namun ia yakin masih banyak orang yang suka membaca buku.

Hal tersebut ia buktikan masih banyaknya pengunjung yang datang ke perpustakaan daerah yang berada di Kecamatan Sidamulih ini.

“Agar tidak kehilangan segmen pembaca, kita kemas sedemikian rupa agar mereka betah ketika di sini,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga bakal menyiapkan perpustakaan digital yang bekerjasama dengan PT Aksara Maya dari Jakarta.

Sehingga, nantinya dengan aplikasi i-pangandaran tidak hanya diolah oleh pihaknya, tapi juga sebagai sarana promosi wisata, UMKM serta lainnya.

“Sudah banyak yang menanyakan kapan ini meluncur, sementara gedungnya belum selesai. Jadi nanti kita launching aplikasi sambil peresmian gedung,” katanya.

Tatang pun mengajak masyarakat agar nanti bisa datang ke perpustakaan daerah. Sebab, selain banyak buku, juga fasilitasnya nyaman, karena di ruangan AC dan ada Wi-Fi gratis.

“Kalau mau diskusi juga bisa, latihan opera juga bisa karena sudah ada tempatnya. Makanya kita harus manfaatkan sebaik mungkin gedung ini,” pungkasnya. (Mad/R6/HR-Online)