Selasa, Oktober 4, 2022
BerandaBerita TerbaruPenemuan Fosil Dinosaurus Berlapis Baja di Selatan Argentina

Penemuan Fosil Dinosaurus Berlapis Baja di Selatan Argentina

Penemuan fosil dinosaurus berlapis baja berukuran kecil. Sekelompok ahli paleontologi menemukan fosil dinosaurus tersebut di wilayah Argentina.

Fosil dinosaurus kecil ini kemudian mereka namakan sebagai Jakapil Kaniukura. Menariknya, tubuh dinosaurus ini tampak tidak biasa.

Jakapil Kaniukura memiliki kulit yang berduri kuat sehingga tampak berlapis baja. Besar kemungkinan jenis dinosaurus satu ini mewakili seluruh garis keturunan dinosaurus lapis baja yang belum pernah terdeteksi sebelumnya.

Baca Juga: Dinosaurus Meraxes Gigas Temuan Ilmuwan Mirip T-Rex, Ini Wujudnya

Penemuan Fosil Dinosaurus Berlapis Baja dari Zaman Kapur

Dinosaurus merupakan salah satu jenis makhluk purba yang sangat populer. Tidak ada yang benar-benar tahu bagaimana dinosaurus hidup di masa lalu.

Hal itu karena dinosaurus telah punah dari permukaan Bumi jutaan tahun lalu. Penyebab kepunahannya pun juga belum dapat diketahui dengan pasti hingga saat ini.

Penelitian mengenai dinosaurus sejauh ini hanya menggunakan berbagai macam fosil yang berhasil terdeteksi. Seperti yang sekelompok ahli paleontologi lakukan beberapa waktu lalu.

Mereka baru saja menemukan sebuah fosil dinosaurus baru yang belum pernah terlihat sebelumnya. Dinosaurus bernama Jakapil Kaniukura tersebut terlihat memiliki kulit yang berduri keras seperti baja.

Baca Juga: Temuan Fosil Dinosaurus Pertama di Greenland Jadi Sorotan Peneliti

Berusia Sekitar 100 Juta Tahun

Melansir dari Science Alert, Jakapil Kaniukura ini terlihat seperti halnya kerabat primitif dinosaurus lapis baja, termasuk Ankylosaurus atau Stegosaurus.

Akan tetapi, dinosaurus ini berasal dari periode kapur (Cretaceous), yang merupakan era terakhir dinosaurus hidup. Era ini berlangsung sekitar 97 hingga 94 juta tahun lalu.

Para ahli paleontologi yang berada di balik penemuan fosil dinosaurus berlapis baja ini memperkirakan bahwa makhluk tersebut menjelajahi wilayah sekitar selatan Argentina sekitar 100 juta tahun lalu.

Kemungkinan besar, pada masa kehidupan Jakapil Kaniukura, wilayah tersebut sangat panas dan berasap.

Baca Juga: Fosil Dinosaurus Ninjatitan Zapatai Raksasa Ditemukan di Argentina

Menjadi Fosil Dinosaurus Berlapis Baja Pertama dari Zaman Kapur

Para ilmuwan mengatakan bahwa penemuan fosil Jakapil ini menjadi yang pertama kalinya. Jakapil menjadi spesies pertama yang terdeteksi dari kelompok dinosaurus berlapis baja yang hidup di zaman Kapur, Amerika Selatan.

Dinosaurus ini termasuk ke dalam bagian kelompok thyreophora, seperti halnya Stegosaurus yang terkenal dengan tulang dan ekor runcing.

Selain itu, ada Ankylosaurus dengan tubuh bagaikan tank yang tertutup dengan lapisan baja, serta bentuk ekor yang seperti tongkat.

Jakapil Kaniukura juga terlindungi dengan baik oleh deretan baju besi yang berbentuk seperti cakram tulang mereka. Cakram tersebut mengelilingi sepanjang leher dan punggungnya, kemudian turun ke bagian ekor.

Fosil Jakapil tidak terlalu panjang, yakni hanya sekitar 1,5 meter dengan berat yang tidak mencapai 10 kg. Singkatnya, Jakapil mirip dengan kucing rumahan pada umumnya.

Bentuknya yang mirip seperti dinosaurus primitif juga sempat mengejutkan para peneliti karena ternyata hanya berasal dari periode akhir dinosaurus.

Adapun penemuan fosil dinosaurus berlapis baja ini berupa serpihan kerangka bersama dengan 15 fragmen gigi yang berbentuk seperti daun, mirip dengan gigi iguana. (R10/HR-Online)