Senin, Oktober 3, 2022
BerandaBerita TerbaruPenemuan Planet HD 56414 di Konstelasi Volans dengan TESS

Penemuan Planet HD 56414 di Konstelasi Volans dengan TESS

Penemuan planet HD 56414 di tengah gelapnya langit alam semesta. Planet ini berada di konstelasi Volans.

Berbicara mengenai isi dari alam semesta ini memang tidak akan pernah ada habisnya. Setiap saat pasti ada hal baru yang terungkap dan itu sangatlah menakjubkan.

Seperti yang baru saja terjadi. Para ilmuwan kembali menemukan sebuah planet baru yang mereka berikan nama HD 56414. Bagaimana penampakan dari planet ini?

Baca Juga: Struktur Piringan Protoplanet Jadi Pertanda Kelahiran Planet Baru

Penemuan Planet HD 56414 oleh Ilmuwan NASA

Melansir dari sci.news, ilmuwan NASA menemukan sebuah objek baru yang diduga merupakan sebuah planet. Planet baru tersebut bernama HD 56414 yang berada di konstelasi Volans.

Dengan kata lain, planet HD 56414 ini berjarak sangat jauh dengan Bumi, yakni sekitar 873 tahun cahaya. Selain dengan nama Volans, konstelasi tempat planet HD 56414 berada ini juga terkenal dengan nama TOI-128, TIC 300038935, atau SAO 249773.

Bintang tersebut memiliki usia sekitar 420 juta tahun. Itu masih jauh lebih muda dari Matahari yang sudah berusia 4,5 miliar tahun.

Para ilmuwan juga baru menemukan planet ekstrasurya yang mengorbit HD 56414 memakan waktu 29 hari. Planet tersebut mengorbit dengan perkiraan seperempat jarak antara Bumi dan Matahari.

Baca Juga: Sistem Multiplanet Tetangga Bumi Baru Ditemukan, Ini Penjelasannya!

Penemuan menggunakan Metode TESS NASA

Menemukan objek yang berjarak sangat jauh bukanlah perkara yang mudah. Terlebih jika objek tersebut tidak memiliki ukuran yang super besar.

Sistem planet ‘alien’ tersebut memiliki radius 3,7 kali lipat dari Bumi dan termasuk ke dalam kelas panas Neptunus.

Para ilmuwan berhasil melakukan penemuan planet HD 56414 atau TOI-1228b menggunakan metode TESS atau Transiting exoplanet Survey Satellite NASA saat transit bintang induk tipe A.

Menurut Berkeley, Steven Giacalone, dan rekan yang merupakan astronomi universitas California, metode TESS adalah yang paling mudah untuk mendeteksi keberadaan exoplanet.

TESS memudahkan para astronom untuk menemukan keberadaan planet yang memiliki periode orbit pendek dan cepat di sekitar bintang induknya. Tetapi, planet HD 56414 memiliki orbit yang paling lama sejauh ini.

Baca Juga: NASA Temukan Planet Mirip Neraka yang Diselimuti Lava, Mengerikan!

HD 56414 Kehilangan Gasnya

Untuk para astronom, penemuan objek luar angkasa merupakan sebuah awal dari segalanya. Setelah menemukan objek tersebut, mereka masih harus melakukan studi untuk mengenalnya lebih dalam.

Hal itu juga mereka lakukan terhadap planet HD 56414. Mereka menemukan HD 56414b berada tepat di luar zona yang akan menjadi tempat planet kehilangan gasnya.

Hal tersebut menunjukkan bahwa bintang tipe-A yang terang mungkin saja memiliki bermacam inti yang tidak terlihat di dalam zona Neptunus yang panas. Selain itu juga menunggu untuk terdeteksi melalui teknik lebih sensitif.

Dalam studi mereka, para astronom juga memodelkan efek radiasi dari bintang yang ada di sekitar planet HD 56414. Kesimpulannya, bintang mungkin menyusut secara perlahan di atmosfernya.

Peristiwa tersebut mungkin akan terjadi selama satu miliar tahun dan akan menghasilkan supernova. Hal menakjubkan tersebut tentu saja tidak akan bisa terdeteksi tanpa penemuan planet HD 56414 ini. (R10/HR-Online)