Selasa, September 27, 2022
BerandaBerita BisnisPengertian Audit Investasi Lengkap dengan Tujuannya

Pengertian Audit Investasi Lengkap dengan Tujuannya

Pengertian audit investasi penting untuk Anda pahami saat ingin terjun ke bidang tersebut.

Investasi itu sendiri termasuk salah satu upaya untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah. Apabila investasi yang Anda lakukan berjalan lancar, maka keuntungannya sangat menjanjikan.

Baca Juga: Investasi yang Cocok Saat Resesi, Pilih Salah Satu Instrumen Ini

Mengenal Pengertian Audit Investasi

Audit investasi merupakan suatu kegiatan peninjauan ulang untuk memastikan tingkat keakuratannya.

Adapun hal yang ditinjau yaitu data-data konkrit yang ada di sebuah laporan investasi. Dengan demikian, perusahaan bisa mengetahui secara detail data yang dimilikinya.

Pada dasarnya, investasi memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaatnya yaitu bisa meraup keuntungan tanpa harus menguras banyak tenaga dan pikiran.

Selain itu, investasi juga tak selalu membutuhkan modal besar. Hanya saja, modal nantinya akan mempengaruhi keuntungan yang Anda dapat.

Masih berbicara mengenai investasi, pada umumnya ada investasi dengan jangka pendek dan ada pula investasi jangka panjang. Anda bisa memilih jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan.

Baca Juga: Investasi Dana Pendidikan Anak Hadir dengan Berbagai Jenis

Tujuan Audit Investasi 

Setelah memahami pengertian secara singkat, penting pula untuk tahu apa tujuan audit investasi. Berikut ulasannya.

Asersi Keberadaan

Salah satu tujuan audit investasi yaitu asersi keberadaan. Dalam hal ini, audit bertujuan untuk memeriksa apakah penghasilan investasi maupun laba atau rugi perusahaan telah terealisasi atau belum.

Bukan hanya berkaitan dengan pendapatan yang asalnya dari transaksi saja, melainkan juga memeriksa kejadian yang terjadi selama periode tertentu.

Dengan adanya audit, maka perusahaan bisa memiliki pembukuan yang berisikan investasi dengan tanggal neraca secara jelas.

Pembukuan ini bisa menunjukkan apakah investasi yang berlangsung berjangka pendek atau panjang.

Asersi Hak dan Kewajiban

Tujuan audit investasi yang lainnya yaitu asersi hak dan kewajiban. Istilah ini menunjukkan bahwa audit berperan penting untuk memastikan apakah semua investasi yang tercatat di dalam pembukuan merupakan milik perusahaan.

Asersi Kelengkapan 

Tujuan audit investasi selanjutnya yaitu asersi kelengkapan. Dalam poin ini menunjukkan bahwa audit memastikan semua transaksi yang berpengaruh terhadap laporan laba atau rugi sudah masuk ke rekening. Hal ini terjadi selama jangka periode yang diperiksa.

Asersi Penyajian dan Pengungkapan

Ada pula asersi penyajian dan pengungkapan. Asersi ini bertujuan untuk memastikan apakah saldo investasi terdistribusi secara tepat dalam laporan keuangan.

Baca Juga: Jenis Investasi Safe Haven dengan Potensi Keuntungan Bagus

Asersi Penilaian dan Pengalokasian

Tujuan audit investasi yang tak kalah menarik untuk Anda ketahui lainnya yaitu asersi penilaian dan pengalokasian.

Dalam hal ini, audit bertujuan untuk memastikan apakah pendapatan investasi sudah terealisasi dalam jumlah yang sesuai. Hal ini juga berlaku untuk laba atau rugi perusahaan.

Saat ingin terjun ke dunia investasi, maka memahami pengertian dan tujuan audit memang penting Anda lakukan. Hal ini tak lain agar investasi yang Anda tekuni bisa memberikan hasil sesuai harapan. (R10/HR-Online)