Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Body Motor Bergetar dengan Cara Mengatasinya

Penyebab Body Motor Bergetar dengan Cara Mengatasinya

Penyebab body motor bergetar bisa karena berbagai faktor. Segera cari tahu penyebabnya agar dapat mengatasi lebih cepat. Sebenarnya semua kendaraan bisa mengalami berbagai masalah pada komponennya.

Apalagi jika Anda tidak melakukan perawatan secara berkala sudah pasti akan membuat semua komponen memiliki kinerja yang tidak optimal.

Padahal setiap komponen memiliki fungsi cukup penting. Komponen motor memiliki masa pakai yang tidak sama. Untuk itu, pastikan Anda bisa melakukan perawatan secara rutin untuk menjaga performa kendaraan.

Seiring pengguna sepeda motor yang cukup lama terkadang ada masalah yang bisa muncul. Selain keselamatan, kenyamanan berkendara juga menjadi salah satu yang perlu diperhatikan.

Jika sampai ada masalah yang muncul akan mempengaruhi rasa nyaman saat mengemudi. Salah satu masalah yang mengganggu kenyamanan berkendara yaitu bodi bergetar.

Sebaiknya segera cari tahu apa saja penyebab body motor bergetar. Biasanya kondisi ini akan terasa saat mesin dinyalakan maupun motor dikendarai.

Kondisi seperti inilah yang mengganggu. Biasanya akan muncul suara berisik akibat getaran pada body motor.

Getaran yang terjadi juga menjadi salah satu indikasi bagian cover body kendor atau retak. Jika kondisi ini Anda alami maka jangan sepelekan. Segera atasi dengan cari tahu penyebabnya terlebih dulu.

Baca Juga: Menghitamkan Body Motor Kusam, Berikut Ini Cara yang Paling Ampuh!

Beberapa Penyebab Body Motor Bergetar

Bodi sepeda motor memiliki peran yang cukup penting. Selain mampu memberikan tampilan menarik, bodi juga berfungsi untuk melindungi berbagai komponen sepeda motor bagian dalam.

Misalnya rangka, mesin, atau sistem kelistrikan. Sayangnya karena fungsinya yang cukup penting body motor juga bisa bermasalah.

Salah satu yang sering terjadi yaitu bodi motor bergetar. Jika kondisinya semakin parah akan muncul bunyi yang mengganggu.

Mengenali masalah getaran bodi motor tentu ada banyak faktor penyebabnya. Berikut ini ada beberapa deretan hal-hal yang bisa mengakibatkan body motor bergetar.

Sambungan Cover Patah

Ada banyak penyebab body motor bergetar yang bisa saja terjadi pada siapa saja. Salah satu penyebab kondisi ini yaitu akibat adanya sambungan cover yang retak atau patah.

Saat kondisi ini terjadi sudah dapat dipastikan membuat cover satu dengan yang lainnya tidak mengikat. Akan terjadi kelonggaran dan mengakibatkan timbulnya getaran atau suara pada bodi motor.

Selain itu, bagian klip yang sudah aus akibat adanya gesekan antar cover menjadi pemicu getaran timbul. Ada solusi simpel yang bisa Anda lakukan yaitu menggunakan double tape yang kuat untuk mengganjalnya.

Jika tidak, gunakan lem Alteco untuk merekatkan kembali dua bodi yang longgar atau retak. Namun lebih baik untuk mengganti dengan cover baru agar masalah ini tidak kembali datang.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Body Motor yang Lecet Parah, Gunakan Ini!

Posisi Bodi Motor yang Bergeser

Sebenarnya potensi munculnya penyebab body motor bergetar paling besar yaitu adanya perubahan posisi atau pergeseran body. Pergeseran bodi akibat baut yang mengikat mulai kendor menjadi penyebab paling banyak.

Baut yang doll akibat pemakaian terlalu lama juga mengakibatkan body motor bergetar. Kondisi ini juga akan mudah terjadi bagi sepeda motor yang sering berada di area jalan berbatu.

Cara untuk mengatasi kondisi ini yaitu dengan mengecek dan mengencangkan kembali baut yang kendor. Jika tidak bisa ganti baut dengan yang baru.

Hindari mengencangkan baut terlalu keras. Hal ini bisa mengakibatkan cover tertekan dan potensi pecah cukup tinggi.

Baca Juga: Cara Cek Kabel Body Motor Putus dengan Beberapa Langkah Berikut Ini!

Cover Pecah

Mengingat masalah pada bagian body cukup rentan. Ada baiknya jika Anda melakukan perawatan secara tepat. Saat body motor bergetar biasanya akan muncul bunyi yang mengganggu.

Kenyamanan berkendara menjadi salah satu yang cukup diperhatikan oleh pemilik kendaraan. Jika muncul bunyi atau terasa bodi motor bergetar, sudah pasti mengakibatkan kenyamanan terusik.

Ada penyebab lain yaitu cover pecah. Body atau cover yang pecah biasanya terjadi akibat kendaraan pernah menabrak sesuatu benda keras. Dampak yang terjadi yaitu titik cover pecah.

Sebenarnya kondisi sepeda motor yang baik memberikan tingkat kenyamanan bagi pengendara. Untuk itu, melakukan pengecekan dan perawatan secara berkala akan membantu mendapatkan kondisi tersebut.

Sayangnya ada banyak penyebab body motor bergetar yang sering terjadi. Jika kondisi ini Anda alami segera cari tahu dan atasi secepat mungkin. Sehingga membantu menciptakan rasa nyaman selama berkendara. (R10/HR-Online)