Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Klakson Motor Tidak Berbunyi yang Jarang Diketahui

Penyebab Klakson Motor Tidak Berbunyi yang Jarang Diketahui

Penyebab klakson motor tidak berbunyi penting Anda ketahui, karena jika klakson tidak berfungsi, maka juga cukup membahayakan pula.

Pasalnya klakson memiliki peran yang sangat penting sebagai tanda peringatan saat berkendara dengan pengguna jalan lain.

Akan berbahaya sekali saat mengendarai sepeda motor, namun kenyataannya klaksonnya sudah tidak berfungsi lagi. Sehingga sebelum memutuskan untuk berkendara, penting bagi Anda untuk mengecek dulu klakson tersebut.

Baca Juga: Cara Memasang Klakson Keong di Motor Sendiri dengan Tahapan Mudah

Penyebab Klakson Motor Tidak Berbunyi yang Patut Anda Waspadai

Sebelum berkendara di jalan raya, sebaiknya pengguna kendaraan harus memastikan bahwa semua perlengkapan teknis atau fisik sudah siap.

Karena jika ada salah satu tidak berfungsi, klakson misalnya, maka akan mempengaruhi keamanan dan kenyamanan selama berkendara.

Tidak hanya kita sendiri, melainkan orang lain pun juga dapat terkena efek buruknya meskipun terlihat cukup sepele.

Pasalnya klakson ini bermanfaat untuk memperingatkan orang yang kurang hati-hati serta memberi aba-aba pada kendaraan berlawanan.

Parahnya, klakson ternyata juga bisa mati kapan saja dan tidak bisa kita prediksi, baik itu motor lama maupun baru.

Maka dari itu, ada beberapa penyebab yang harus Anda ketahui dan waspadai selalu supaya bisa langsung mengatasinya.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Speedometer Digital Motor, Cek Langkah-langkahnya!

Kabel Klakson Bermasalah

Penyebab klakson motor tidak berbunyi pertama ini adalah karena kabel klakson yang bermasalah, seperti sudah rusak atau hal lain. Komponen ini akan terhubung tak hanya kawat lilitan maupun metal kontraktor untuk menghantar listrik saja, tapi juga kabel.

Hal ini bisa terjadi karena posisi kabel dari klakson tersebut tidak presisi atau mungkin kabel yang sudah terbuka, bahkan putus bisa jadi penyebabnya.

Setidaknya ada dua jenis kabel yang perlu Anda cek yaitu kabel listrik dan kabel massa-nya.

Muncul Karat

Karat atau kerak ternyata juga bisa muncul pada bagian saklar klakson dan ini dapat terjadi karena sudah lama digunakan. Nah, kerusakan pada saklar klakson ini memang wajar, sebab termasuk ke dalam suku cadang yang harus rutin kita bersihkan.

Sebab, kerusakan akibat karat seperti ini nanti bisa menghambat arus listrik, sehingga klakson tidak akan bisa berbunyi kembali.

Saat kerak muncul, maka suara klakson hanya akan terdengar kecil, jika karat sangat banyak maka akan membuatnya tidak berbunyi.

Baca Juga: Motor Matic Tidak Bisa Distarter, Kenali Apa Penyebabnya

Kawat Lilitan Putus

Kawat lilitan kini menjadi penghubung arus listrik pada komponen klakson. Jadi selama penggunaan, maka kawat ini bisa rusak seperti terkelupas atau bahkan sampai putus sekalipun.

Karena apabila kawat lilitan ini sudah terkelupas, maka akan membuat suara klakson menjadi melemah. Tapi jika bunyinya sudah tidak ada jika kawat lilitan putus, maka tak akan ada aliran listrik yang bisa membunyikan klakson.

Sehingga kawat lilitan seperti ini juga menjadi salah satu bagian penting yang harus selalu Anda bersihkan dan rawat.

Jika Anda sudah menemukan bagian ini sudah mengelupas atau putus, sebaiknya langsung ganti dengan yang baru.

Setelah Anda tahu beberapa penyebab klakson motor tidak berbunyi seperti itu, maka penting juga untuk melakukan perawatan. Jika sudah terlanjur komponen ini rusak, maka Anda bisa membawanya ke tukang bengkel. (R10/HR-Online)