Jumat, Oktober 7, 2022
BerandaBerita CiamisPeraih Emas ASEAN Para Games 2022 Dorong Ciamis Jadi Kabupaten Olahraga

Peraih Emas ASEAN Para Games 2022 Dorong Ciamis Jadi Kabupaten Olahraga

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Supriatna Gumilar, atlet asal Ciamis, Jawa Barat peraih medali emas pada ajang ASEAN Para Games 2022 mendorong daerahnya menjadi Kabupaten Olahraga.

Hal itu ia ungkapkan kepada awak media, saat menyambangi Pendopo Ciamis, Selasa (9/8/2022).

“Lihat saja sendiri, bahwa banyak atlet asal Ciamis yang menorehkan prestasi di kancah nasional ataupun internasional pada saat ini,” ucap peraih dua medali emas ASEAN Para Games 2022 di Solo belum lama ini.  

“Sehingga tidak salah jika ikon Ciamis saat ini menjadi Kabupaten Olahraga,” imbuhnya.

Harapan Peraih Emas ASEAN Para Games 2022 Asal Ciamis

Menurutnya, Herdiat Sunarya yang saat ini memimpin Pemkab Ciamis, betul-betul memperhatikan para atlet olahraga.

“Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya fasilitas-fasilitas yang Pemkab Ciamis bangun,” ucap Supriatna yang juga Ketua National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Jawa Barat.

Baca Juga: Kalahkan Vietnam, Atlet Asal Pangandaran Raih Medali Emas di Asean Para Games

Terlebih saat ini, kata peraih medali emas pada ajang ASEAN Para Games 2022, Ciamis pada tahun 2022 ini akan menjadi tuan rumah Porprov pada November nanti.

“Ciamis akan menjadi tuan rumah Porprov Jabar menandakan sebuah sinyal baik untuk kita semua. Bahwa Ciamis sudah saatnya menjadi ikon kabupaten Olahraga di era kepemimpinan Herdiat Sunarya,” katanya.

Supriatna berharap, sinyal positif tersebut menjadi sebuah motivasi bagi masyarakat tatar Galuh Ciamis, guna memunculkan atlet-atlet muda berbakat di sekolah-sekolah. Sehingga, nantinya bisa mengharumkan Ciamis di tingkat nasional maupun internasional.

“Terkhusus kepada orang tua yang mempunyai anak difabel, namun mempunyai talenta dalam olahraga,” katanya.

Baca Juga: Ribuan Warga Pangandaran Sambut Atlet Asean Para Games 2022 Peraih Emas

Lanjut peraih 2 medali emas pada ajang ASEAN Para Games 2022, bahwa untuk menyalurkan anak difabel dalam bidang olahraga ada wadah tersendiri, yakni NPCI.

Adapun keberadaan NPCI ini, yaitu untuk mewadahi para atlet untuk membina, melatih dan membentuk olahraga disabilitas yang berkualitas.

“Selain itu juga atlet bertaraf internasional. Maka masukkanlah ke NPCI Ciamis,”

Ucap Syukur

Supriatna Gumilar sendiri berhasil meraih 2 medali emas pada ajang ASEAN Para Games 2022 dari cabor tenis meja.

Atas raihan tersebut, ia sangat bahagia dan bangga bisa mewakili Indonesia umumnya dan Ciamis khususnya pada ajang olahraga tersebut.

“Syukur alhamdulillah saya bangga bisa mewakili Indonesia. Tentunya, raihan ini tak luput atas dukungan semua pihak, yaitu masyarakat Indonesia, terkhusus masyarakat Jawa Barat dan masyarakat Kabupaten Ciamis,” pungkasnya. (Fahmi/R5/HR-Online/Editor-Adi)