Sabtu, Oktober 1, 2022
BerandaBerita TasikmalayaPertama Kali, Perayaan Hari Jadi Cineam Tasikmalaya ke-182 Berlangsung Meriah

Pertama Kali, Perayaan Hari Jadi Cineam Tasikmalaya ke-182 Berlangsung Meriah

Berita Tasikmalaya (harapanrakyat.com),- Gelaran peringatan Hari Jadi Cineam, Kabupaten Tasikmalaya berlangsung meriah. Acara selama dua hari Sabtu-Minggu (13-14/8/2022) tersebut, berlangsung di Lapangan Yogaswara, Desa Cineam, Kecamatan Cineam.

Pihak panitia sudah menyiapkan berbagai kegiatan, seperti menggelar pameran budaya, kerajinan, kuliner, kesenian pencak silat dari paguron yang ada di Cineam. Selain itu, akan ada pagelaran wayang golek.

Ketua Panitia, Wawan mengatakan, gelaran tersebut dalam dalam rangka memperingati kegiatan Hari Jadi Kecamatan Cineam yang ke-182.

Menurut Wawan, baru pertama kali diadakan begitu meriah. Pasalnya, sebelumnya pihak panitia hanya mengadakan doa bersama.

“Karena memang kebetulan Pak Camat baru menjabat, dan juga asli putra daerah,” katanya kepada HR Online, Sabtu (13/8/2022).

Baca Juga: Sungai Ciseel Tasikmalaya Bakal Jadi Objek Wisata Renang Alami

Sementara untuk kegiatan festival kuliner UMKM, pihak panitia akan menampilkan kuliner dari 10 desa se Kecamatan Cineam.

“Hal tersebut sebagai langkah mengenalkan kepada masyarakat, dari mulai makanan hasil bumi hingga produk khas UMKM dari masing-masing desa,” ujarnya.

Selain festival kuliner, sambungnya, pihak panitia juga akan mengadakan pagelaran budaya dan pencak silat.

“Karena memang Cineam itu merupakan bagian sejarah. Jadi acara budaya nanti yang dipajang ada keris peninggalan terdahulu. Agar masyarakat tahu sejarah peninggalan peralatan-peralatan nenek moyang kita,” terangnya.

Sedangkan untuk Sabtu malamnya akan ada pagelaran wayang golek. “Besok terakhir ada kegiatan keagamaan,” terangnya.

Lebih lanjut Wawan menambahkan, kegiatan Hari Jadi Kecamatan Cineam bisa terlaksana dengan baik, hal itu berkat dukungan dari semua pihak.

“Semua pengusaha dan tokoh-tokoh membantu untuk suksesnya acara tersebut,” katanya. (Apip/R5/HR-Online/Editor-Adi)