Selasa, September 27, 2022
BerandaBerita TerbaruPerbedaan Kera dan Monyet di Ordo Primata, Jangan Salah Lagi!

Perbedaan Kera dan Monyet di Ordo Primata, Jangan Salah Lagi!

Perbedaan kera dan monyet memang cukup sulit untuk terlihat. Hal itu karena keduanya memiliki bentuk fisik dan juga perilaku yang hampir sama.

Kedua hewan tersebut juga sama-sama termasuk ke dalam kelompok primata. Jadi, tidak heran jika banyak orang yang menganggap keduanya sama.

Namun, hal itu tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja. Jika kamu salah satu dari yang masih belum bisa membedakan keduanya, maka berikut ini beberapa perbedaan kedua hewan primata tersebut.

Baca Juga: Hewan yang Bisa Mendengar Bunyi Infrasonik Apa Saja? Ini Dia!

Sama Tapi Beda, Inilah Perbedaan Kera dan Monyet!

Banyak orang yang masih mengira bahwa kera dan monyet itu sama. Namun sebenarnya tidak begitu mengherankan karena keduanya memiliki bentuk yang mirip.

Baik kera maupun monyet juga sama-sama berasal dari kerabat primata. Mereka memiliki ciri utama berupa tubuh yang berbulu dan postur tubuh mirip manusia.

Jika kamu masih mengira keduanya sama, maka simak perbedaannya berikut ini.

Bentuk dan Ukuran Tubuh

Perbedaan pertama yang sangat mencolok terletak pada bentuk tubuh dan ukuran mereka. Pada dasarnya kera dan juga monyet memang hidup berdampingan.

Tidak heran jika keduanya berakhir memiliki visual yang serupa, tetapi tidak sama. Sebagian besar perbedaan keduanya sebenarnya dapat terlihat dengan mudah melalui karakteristik fisik dan juga perkembangan evolusinya.

Pada umumnya, ukuran tubuh kera juga lebih besar dan juga berat. Kera memiliki sendi bahu yang membantu mereka berayun di antara dahan pohon.

Sedangkan monyet bila kita amati lebih mirip mamalia lainnya dan juga lebih kecil. Dada monyet tidak selebar kera.

Baca Juga: Contoh Hewan Autotomi dalam Kehidupan Beserta Penjelasannya

Pergerakan

Kamu juga dapat melihat perbedaan kera dan monyet melalui pergerakan mereka. Kera memiliki postur tubuh yang lebih tegak.

Hal tersebut memungkinkan kera untuk berjalan dengan dua kaki belakang. Kera juga identik memiliki gerakan brachiating atau berayun di dahan pohon.

Sedangkan di sisi lain, monyet berjalan dengan bagian dari seluruh telapak kakinya yang menyentuh tanah kemudian untuk telapak tangannya terangkat.

Bahkan, monyet hampir tidak pernah bisa berjalan secara bipedal.

Tingkat Kecerdasan

Ordo primata memang terkenal dengan tingkat kecerdasan mereka yang lebih tinggi dari hewan lainnya. Bahkan, kera sudah terkena sebagai satwa tercerdas di Bumi.

Kera memiliki ukuran otak yang lebih besar dari monyet, sehingga mereka mampu berpikir dan menyelesaikan permasalahan di dalam kehidupan di habitatnya.

Baca Juga: Hewan dengan Migrasi Terjauh yang Sangat Memukau Setiap Tahunnya

Kemampuan Berkomunikasi

Sebagian besar ordo primata berada di dalam lingkup sosial kompleks dan cenderung lebih tertutup.

Maka untuk itulah, mereka akan membutuhkan komunikasi lebih sering dan juga intens.

Monyet dapat menggunakan bahasa tubuh dan suara untuk berkomunikasi sesamanya. Namun, kera memiliki kemampuan linguistik dan kognitif dengan tingkat yang lebih tinggi.

Meski kera tidak memiliki adaptasi fisiologi untuk menciptakan bahasa, tetapi mereka menunjukkan kapabilitas linguistik yang cukup luas.

Bagaimana, perbedaan kera dan monyet cukup banyak bukan? Dengan daftar di atas, maka mulai saat ini kamu bisa membedakan kedua hewan tersebut. (R10/HR-Online)