Jumat, Desember 2, 2022
BerandaBerita BanjarPeringatan Hari Kemerdekaan di Kota Banjar, Banyak Peserta Upacara Pingsan

Peringatan Hari Kemerdekaan di Kota Banjar, Banyak Peserta Upacara Pingsan

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Upacara peringatan Kemerdekaan ke-77 RI tingkat Kota Banjar, di Taman Kota Lapang Bhakti, belasan peserta tumbang dan pingsan karena kelelahan, Rabu (17/8/2022).

Akibatnya para peserta itu harus keluar dari barisan dan dibawa ke mobil ambulan untuk mendapatkan penanganan.

Petugas medis dari Dinkes Kota Banjar, Iman Kurnia mengatakan, peserta yang kelelahan itu terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pelajar.

“Ada lebih dari sepuluh orang peserta upacara yang kelelahan, belum ditambah lagi dari pelajar ada juga,” kata Iman Kurnia kepada wartawan.

Baca juga: Aksi Teatrikal Melawan Penjajah Meriahkan HUT RI di Mulyasari Kota Banjar

Iman menjelaskan, perut kosong atau belum sapan menjadi salah satu faktor yang membuat mereka tidak kuat mengikuti upacara hingga selesai.

“Kebanyakan saat ditanya mereka pada belum sarapan sehingga kelelahan, kemudian faktor cuaca juga sangat panas,” jelasnya.

Bahkan lanjut Iman, ada seorang pegawai yang terpaksa ditandu oleh tim medis karena pingsan saat upacara.

“Tadi ada satu orang yang sampai pingsan dan harus ditandu oleh tim medis,” terangnya.

Sementara itu, petugas medis langsung memberikan pertolongan pertama terhadap pegawai yang pingsan itu dengan memberinya oksigen.

“Kita langsung berikan pertolongan pertama, sekiranya tidak memungkinkan akan dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat,” imbuhnya.

Untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi peserta upacara, pihak Dinas Kesehatan Kota Banjar menurunkan 9 unit mobil ambulans, 2 orang dokter, dan perawat. (Sandi/R8/HR Online/Editor Jujang)