Kamis, September 29, 2022
BerandaBerita TasikmalayaPeringati Kemerdekaan RI, Polisi Tasikmalaya Bersihkan Makam KH Zainal Mustafa

Peringati Kemerdekaan RI, Polisi Tasikmalaya Bersihkan Makam KH Zainal Mustafa

Berita Tasikmalaya (Harapanrakyat.com),- Dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke 77, Polres Tasikmalaya aksi bebersih makam KH Zainal Mustafa. Lokasinya di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kecamatan Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (16/8/2022).

Kapolres Tasikmalaya AKBP Suhardi Hery Haryanto mengatakan aksi sosial ini sebagai bentuk penghormatan kepada pahlawan terdahulu. Mereka berjuang untuk kemerdekaan Republik Indonesia.

Tak hanya membersihkan makam KH Zainal Mustafa, para anggota Polisi pun membersihkan seluruh area TMP.

“Alahmudlilah telah kami bersihkan makam pahlawan Kemerdekaan RI. Ini dalam rangka memperingati hari kemerdekaan. Sebagai bentuk kepedulian tentunya harus kita rawat bersama,” ujar Kapolres.

Anggota Polres Tasikmalaya membersihkan rumput, sampah daun kering hingga membersihkan lumut yang menempel pada lantai.

Baca Juga: Pangeran Mandurareja, Pahlawan Jawa yang Gempur VOC di Batavia

“Kalau untuk membersihkan rumput kami gunakan mesin pemotong rumput supaya lebih cepat. Setelah itu rumput sisa potongan kami sapu,” jelasnya.

Kapolres berharap aksi sosial dengan membersihkan taman makam pahlawan ini tidak hanya oleh anggota Polri saja. Melainkan oleh seluruh lapisan masyarakat. Mengingat di TMP ini para pahlawan yang gugur disemayamkan. Sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan adalah dengan menjaga dan merawat TMP.

“Semoga kegiatan ini menginspirasi semua pihak untuk bersama-sama menjaga dan merawat TMP Tasikmalaya,” ucapnya.

Sekadar Informasi, KH Zainal Mustafa merupakan salah satu pahlawan nasional dari Tasikmalaya. Beliau merupakan pemimpin pesantren dan pejuang Islam dari Jawa Barat. Pada zaman penjajahan Jepang, ia memimpin pemberontakan dan memperjuangkan kemerdekaan. (Apip/R9/HR-Online/Editor-Dadang)