Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita TerbaruPlanet Zombie Ditemukan Mengorbit Bintang Mati, Sangat Langka

Planet Zombie Ditemukan Mengorbit Bintang Mati, Sangat Langka

Planet zombie ditemukan mengorbit bintang mati yang masuk ke dalam jajaran exoplanet ini menjadi penemuan yang sangat langka.

Para astronom menemukan planet zombie tersebut pertama kalinya 30 tahun lalu. Ternyata, planet tersebut merupakan exoplanet yang sangat langka.

Letak dari exoplanet tersebutlah yang menjadikan planet ini langka. Mereka berada di sekitar bintang yang berputar dengan cepat atau bernama pulsar.

Baca Juga: Planet Proxima d Terdeteksi, Jadi Penemuan Exoplanet Teringan?

Planet Zombie Ditemukan Mengorbit Bintang Mati, Tidak Biasa!

Pada 30 tahun lalu, para astronom menemukan sebuah exoplanet ekstrasurya yang tidak biasa. Planet tersebut terlihat berada di sekitar bintang yang berputar dengan sangat cepat.

Setelah 30 tahun berlalu, para astronom presentasikan penemuan tersebut pada 12 Juli lalu di pertemuan Astronomi Nasional (NAM 22) oleh Luliana Nitu. Penemuan tersebut sukses memukau para partisipan.

Sayangnya, belum terlihat secara jelas mengenai asal-usul dan juga kelangsungan hidup sebuah planet di tata surya pulsar. Namun, terdapat radiasi elektromagnetik yang sangat besar.

Meski begitu, planet tersebut memiliki keadaan yang sangat dingin dan gelap. Planet zombie tersebut terlihat melakukan pengorbitan dalam orbit yang aneh di sekitar pulsar tata surya yang mati.

Baca Juga: NASA Temukan Planet Mirip Neraka yang Diselimuti Lava, Mengerikan!

Menjadi Peneman yang sangat Langka

Melalui Observatorium Bank Jodrell yang telah mengikuti survei terhadap 800 pulsar selama 50 tahun terakhir, ternyata penemuan exoplanet yang mengorbit pada pulsar masih sangat langka.

Exoplanet yang mengorbit pada pusar dan seukuran dengan Bumi hanya ada sekitar 4 dari total 800 kasus.

“Di sekitar porosnya tersebut terdapat putaran yang bergerak sangat stabil. Setiap putaran akan mengirim sinyal kuat sehingga kita tangkap di Bumi. Anda dapat menganggap sinyal tersebut sebagai mercusuar kosmik besar,” ujar Luliana Nitu, mahasiswa University of Manchester Inggris.

Sehingga, planet zombie ditemukan mengorbit bintang mati ini sangatlah langka dan menjadi bahan penelitian yang baik.

Baca Juga: Planet Gas Raksasa AB Aurigae b Jadi Tantangan Baru Astronom

Menjadi Planet Luar Biasa

Planet ekstrasurya ini pertama kali teridentifikasi keberadaannya pada 30 tahun yang lalu. Exoplanet zombie mengorbit di sekitar pulsar yang bernama PSR B1257+12.

Setidaknya terdapat tiga benda langit berada di sekitar pulsar tersebut yang menyerupai planet-planet di tata surya kita. Sejak penemuannya pada tahun 1990-an, beberapa pulsar lain juga telah terdeteksi mengorbit exoplanet.

Rupanya, peristiwa kosmik ekstrem tersebut telah menyebabkan pulsar terbentuk dan seringkali terlalu berlebihan untuk membentuk planet lokal.

Planet luar biasa yang ada di sekitar pulsar juga umumnya memiliki sifat agak tidak biasa. Misalnya, sebuah exoplanet hampir seluruh bagiannya terdiri dari berlian.

Tidak hanya itu, orbit benda langit eksotis di sekitar pulsar juga seringkali sangat elips.

Pastinya para ilmuwan juga masih mencari tahu mengenai segala aspek dari planet ini. Satu hal yang pasti, planet zombie ditemukan mengorbit bintang mati adalah sebuah penemuan langka yang sangat berharga untuk ilmu pengetahuan. (R10/HR-Online)