Sabtu, Januari 28, 2023
BerandaBerita TerbaruRuang Tamu Tanpa Jendela Terlihat Terang Ini Tips Penataannya

Ruang Tamu Tanpa Jendela Terlihat Terang Ini Tips Penataannya

Ruang tamu tanpa jendela harus ditata secara tepat agar tidak pengap. Ruang tamu terang dan nyaman bisa Anda dapatkan meski tanpa jendela. Seperti yang diketahui jika ruang tamu memiliki peran yang cukup penting.

Terutama untuk menerima tamu maupun membuat siapa saja yang datang merasa tertarik. Karena alasan inilah Anda harus bisa menatanya dengan tepat. Pilih furniture hingga cat dinding untuk ciptakan ilusi ruang lebih terang.

Baca Juga: Cara Menata Ruang Tamu yang Memanjang, Begini Tipsnya

Tips Menata Ruang Tamu Tanpa Jendela

Ventilasi seperti jendela adalah salah satu yang sering ditemukan pada setiap rumah. Tidak sedikit dari mereka yang meletakkan jendela demi membuat ruangan terlihat terang.

Namun ada juga beberapa ruangan yang sengaja tidak menggunakan jendela, termasuk ruang tamu. Sebenarnya meski tanpa jendela bukan masalah serius. Anda bisa memilih desain lain agar ruangan tetap nyaman.

Tanpa jendela sebenarnya bukan menjadi halangan, namun dengan catatan Ada bisa menata ruangan secara tepat. Pilih desain interior yang mampu membuat ruang tamu lebih cerah meski tidak ada ventilasi.

Ada baiknya jika Anda juga memilih lantai, dinding, dan furniture secara tepat. Agar penataan ruang tanpa jendela bisa tepat Anda bisa menata dan memilih interior yang sesuai.

Berikut ini tips menata ruang tamu agar terlihat cerah dan maksimal. Anda bisa pilih salah satu inspirasi menarik untuk dijadikan rekomendasi konsep ruang tamu di rumah. Tips tersebut antara lain:

Baca Juga: Model Plafon PVC Ruang Tamu untuk Konsep Minimalis Hingga Modern

Pencahayaan

Sebenarnya menata ruang tamu tanpa jendela cukup sulit. Anda harus bisa perhatikan berbagai hal penting di dalamnya. Salah satunya dari segi pencahayaan.

Hal ini karena ruangan tanpa jendela tentu minim cahaya. Karena alasan ini lah Anda bisa mengaturnya dari penggunaan cahaya yang baik dari penggunaan lampu.

Salah satu cara tepat yaitu pilih lampu dengan pencahayaan bagus. Hanya saja hindari pemilihan lampu dengan cahaya terlalu terang.

Desain plafon gantung mampu membantu menerangkan cahaya secara menyebar. Berikan pencahayaan yang terang dan merata. Jika tidak, Anda pun bisa membuat skylight pada plafon.

Adanya skylight membantu ruangan memperoleh pencahayaan alami saat siang hari. Tidak hanya itu saja, ternyata skylight juga mampu memberikan kesan ruangan tanpa jendela tidak pengap.

Warna

Tips menata ruang tamu tanpa jendela selanjutnya yaitu dengan pemilihan warna. Ada baiknya jika Anda menentukan warna ruang tamu yang menarik dan menciptakan kesan lebih terang.

Anda bisa menerapkan pemilihan warna yang tepat baik dari bagian lantai, dinding, atap  furniturenya. Warna-warna cerah cukup bervariasi tidak hanya putih.

Anda bisa menerapkan warna lain seperti pale peach, hijau lembut, kuning muda, dan cotton blue. Jika tidak ada pilihan lain yaitu menggunakan lantai tegel untuk menciptakan ruang tamu lebih cerah.

Gunakan warna putih untuk cat dinding untuk ciptakan ilusi ruangan bersih, hangat, dan cerah. Agar kesan ruangan semakin hidup Anda bisa kombinasikan dengan warna kontras untuk furniturenya.

Agar tidak berlebihan sebaiknya gunakan warna kontras secukupnya saja untuk ruang tamu tidak terlihat sesak. Pilih furniture warna terang tetapi netral.

Selain itu, pilih furniture dengan desain minimalis, untuk ciptakan suasana ruang tamu tanpa jendela lebih lega. Cari inspirasi dan tips penataan yang tepat untuk menghindari ilusi ruangan terlihat sempit.

Baca Juga: Dekorasi Ruang Tamu dengan Cermin Hadirkan Banyak Keunggulan

Cermin

Keberadaan cermin tidak hanya untuk berkaca saja. Namun cermin juga bisa menjadi solusi tepat bagi Anda yang memiliki ruangan tanpa jendela. Keberadaan cermin pada ruangan tersebut mampu memantulkan cahaya.

Selain itu, juga membantu menciptakan kesan ruang tamu lebih lega. Tempelkan cermin pada bagian yang tepat. Salah satunya meletakkan cermin berukuran besar pada bagian dinding.

Selain itu, pilih desain cermin yang menarik dan tidak berlebihan. Sebab keberadaan desain cermin yang tepat juga mampu membuat interior ruangan terasa lebih menarik.

Sebenarnya ruang tamu tanpa ventilasi harus bisa ditata secara tepat. Hal ini bertujuan agar ruangan tetap nyaman, cerah, dan tentunya tidak pengap.

Dengan memilih furniture hingga warna yang cocok, ruang tamu tanpa jendela terlihat lebih terang. Bukan sebuah halangan menciptakan ruangan yang nyaman meski tanpa jendela. Solusinya dengan menatanya sebaik mungkin. (R10/HR-Online)