Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita PangandaranRute Penerbangan Nusawiru Diaktifkan, Pangandaran ke Tasikmalaya 30 Menit

Rute Penerbangan Nusawiru Diaktifkan, Pangandaran ke Tasikmalaya 30 Menit

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Rute penerbangan di Bandara Nusawiru Pangandaran akan diaktifkan. Dengan transportasi udara, waktu tempuh Pangandaran menuju Tasikmalaya atau sebaliknya membutuhkan waktu 30 menit saja.

Rencananya, rute penerbangan Pangandaran menuju Tasikmalaya atau sebaliknya ini akan mulai aktif pada akhir Agustus 2022.

Menurut Komandan Lanud Wiriadinata Letkol Nav Adi Putra B, rute penerbangan Nusawiru Pangandaran ke Tasikmalaya dan sebaliknya ini merupakan rute baru. Pihaknya sudah menyampaikan rute tersebut pada maskapai Susi Air.

“Nantinya dari Bandara Nusawiru Pangandaran ke Tasikmalaya dan sebaliknya ini bisa ditempuh 30 menit,” katanya, Rabu (3/8/2022).

Baca Juga: Bupati Pangandaran Bakal Kembangkan Bandara Nusawiru

Bukan hanya rute penerbangan Pangandaran – Tasikmalaya saja, rute penerbangan komersial lainnya di Bandara Wiriadinata Tasikmalaya juga akan diaktifkan.

“Rencananya rute penerbangan komersial yang juga akan diaktifkan itu dari Tasikmalaya menuju Bandara Halim Perdana Kusumah Jakarta,” jelasnya.

Bukan hanya itu, pihaknya juga berencana membuka rute Tasikmalaya – Yogyakarta. Bahkan nantinya akan ada juga rute perbangan dari Tasikmalaya menuju Bandara Pondok Cabe, Jakarta.

“Untuk rute baru, kami akan evaluasi berdasarkan animo masyarakat,” katanya.

Sementara itu terkait Bandara Nusawiru Pangandaran, catatan HR Online, pada tahun 2017 Bandara Nusawiru Pangandaran sudah melayani rute penerbangan. 

Saat itu menjelang Idul Fitri, maskapai Susi Air sampai menambah jadwal penerbangan. Dari tadinya satu kali sehari, menjadi dua kali dalam sehari.

Selanjutnya pada tahun 2020, Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana mengembangkan Pangandaran menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Seiring dengan rencana tersebut, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, akan mengembangkan Bandara Nusawiru untuk mempermudah wisatawan datang ke Pangandaran.

“Biasanya akses darat dari Pangandaran ke Jakarta bisa sampai 8 jam, ke depan Pangandaran ke Jakarta hanya 1 atau 2 jam,” kata Jeje.

Jeje berharap Bandara Nusawiru bisa mempermudah orang datang ke Pangandaran. Hal itu, menurutnya akan mampu mendongkrak perekonomian di Pangandaran. (Ceng2/R7/HR-Online/Editor-Ndu)