Selasa, November 29, 2022
BerandaBerita PangandaranSaung Sawala Terbengkalai, Kampung KB Desa Ciganjeng Pangandaran Tak Berjalan

Saung Sawala Terbengkalai, Kampung KB Desa Ciganjeng Pangandaran Tak Berjalan

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Saung Sawala yang menjadi pusat kegiatan Kampung KB di Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, terbengkalai.

Pantauan HR Online, kondisi Saung Sawala terlihat berantakan dan kotor. Sepi dan tidak ada aktivitas di dalamnya.

Padahal sebelumnya, Kampung KB di Desa Ciganjeng tersebut sempat meraih juara tingkat provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: Kades Terpilih di Pangandaran Ini Siap Jalani Peraturan Moh Limo, Apa Itu?

Korwil UPT Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBP3A) Kabupaten Pangandaran Sutrisno Sutrisno, mengatakan, terbengkalainya Saung Sawala tersebut akibat masalah sewa lahan.

“Untuk Kampung KB yang di Dusun Cihideung Desa Ciganjeng karena adanya permasalahan tanah sewa numpang tanah pertanian. Sehingga ada beban anggaran, Idealnya harus tanah desa atau perorangan yang dibebaskan bangunannya jadi milik sendiri,” katanya, Sabtu (13/8/2022).

Sutrisno mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak desa dan kelompok tani, namun belum ada titik temu.

“Kita sudah berkoordinasi dengan pihak desa dan kelompok tani tetapi belum ada titik temu. Akhirnya kita pindahkan ke Desa Bojongsari dengan arahan pimpinan, dulu Saung Sawala tersebut dibangun oleh ibu Bupati melalui CSR BJB,” ungkapnya.

Sementara Kepala Desa Ciganjeng Imang Wardiman mengaku siap berkoordinasi dengan UPT Korwil Dinas KB untuk menyelesaikan masalah sewa lahan Saung Sawala Kampung KB tersebut agar tidak salah persepsi.

“Intinya kita perlu duduk bersama koordinasi transparansi agar tidak saling lempar tanggung jawab, itu saja,” singkatnya.

PKK Pangandaran Sayangkan Saung Sawala Terbengkalai

Sementara itu Ketua Penggerak PKK Kabupaten Pangandaran Hj Ida Nurlela menyayangkan Kampung KB di Desa Ciganjeng tidak berjalan sehingga Saung Sawala terbengkalai.

“Kita akan lakukan komunikasi agar bisa aktif kembali. Kalau mau mengaktifkan kembali Kampung KB silakan masyarakat menyiasati kembali bagaimana memfungsikan lagi Saung Sawala-nya,” katanya.

Ida menegaskan, pihaknya akan melakukan evaluasi kenapa Kampung KB di Desa Ciganjeng tidak berjalan.

“Akan dievaluasi kembali kenapa sampai tidak berjalan, padahal kampung KB itu tidak semua desa punya. Desa yang ada kampung KB yakni Desa Ciganjeng Padaherang, Kertayasa Cijulang. Lalu Kampung KB Nelayan Babakan Pangandaran, dan Kampung KB di Batukaras Cijulang dan lainnya, pemetaannya oleh Dinas KBP3A,” ungkapnya. 

Ida berharap Kampung KB di Desa Ciganjeng bisa aktif kembali. Apalagi potensi Desa Ciganjeng dalam peningkatan ekonomi masyarakat sangat tinggi.

“Kampung KB bisa menjadi model atau miniatur pembangunan yang melibatkan seluruh sektor di masyarakat. Manfaat Kampung KB selain bisa mengentaskan kemiskinan, juga mendekatkan pembangunan kepada masyarakat,” tandasnya. (Madlani/R7/HR-Online/Editor-Ndu)