Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita CiamisSiap Jadi Peserta Pemilu 2024, DPD PAN Ciamis Targetkan 7 Kursi DPRD

Siap Jadi Peserta Pemilu 2024, DPD PAN Ciamis Targetkan 7 Kursi DPRD

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sejumlah partai politik yang ada di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terus mempersiapkan sejumlah persyaratan untuk bisa menjadi peserta pemilu tahun 2024 mendatang, salah satunya DPD Partai Amanat Nasional (PAN).

Ketua DPD Partai Amanat Nasional Ciamis, Yana D Putra menegaskan partainya sudah sangat siap mengikuti kontestasi politik tahun 2024.

“Secara keseluruhan struktur partai PAN Ciamis sudah siap untuk bisa menjadi peserta pemilu baik Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Legislatif (pileg), Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada),”ungkap Yana, Rabu, (3/8/2022).

Lebih lanjut kata Yana, segala persyaratan yang ditentukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dari mulai sekretariat, kepengurusan sampai tiap Kecamatan dan desa, tiga puluh persen keterwakilan perempuan dan jumlah KTA, semuanya sudah selesai.

“Atas dasar tersebut, maka kami DPD PAN sudah bisa dan memenuhi syarat menjadi peserta pemilu bersama dengan partai lainnya yang terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Ciamis,” katanya

Baca juga: Miliki Leader yang Kuat, Akademisi Minta Demokrat Ciamis Fokus Budaya

Yana menyebutkan, pihaknya sudah melakukan rekrutmen Calon Legislatif (Caleg) dan membuka pendaftaran dari bulan Juli 2022 kemarin.

“Sampai hari ini sudah ada sekitar 70 persen terisi dari tiap daerah pemilihan,” katanya.

Bahkan kata dia, ada beberapa dapil yang sudah penuh dan ada pula dapil yang masih kurang.

Sementara untuk Caleg sendiri, menurutnya bebas tidak hanya dari kader maupun simpatisan partai.

“Pendaftaran caleg kita buka dari kader maupun non kader seperti dari tokoh masyarakat, ulama dan tokoh pemuda. Kita terbuka untuk mengakomodir para pendaftar caleg sampai terisi 50 calon dari luar partai PAN Ciamis,” jelasnya

Terkait kabar akan adanya perubahan dan penambahan daerah pemilihan (dapil), pihaknya akan melihat kesepakatan teman-teman dari partai lain bersama KPU.

“Apakah harus tetap atau berubah nanti melihat perkembangan seperti apa,” ungkap Yana.

Target DPD PAN Ciamis Tambah Kursi di DPRD

Terkait tambahan jumlah kursi anggota DPRD Ciamis, kata Yana, DPD PAN Ciamis sendiri sudah menargetkan menambah jadi tujuh kursi. Saat ini, PAN hanya memiliki 5 kursi di DPRD Ciamis.

“Kami akan mempertahankan yang ada dan menambah atau mengisi dapil yang pada pileg kemarin belum ada,” jelasnya.

Sementara itu, terkait dengan Pilgub DPD PAN Ciamis masih akan mengusung kader internal partai berdasarkan Rapat Kerja Daerah (rakerda) DPD PAN Kabupaten Ciamis yaitu ketua DPW Desy Ratnasari.

“Namun nanti kita serahkan prosesnya politiknya ke tingkat provinsi Jawa Barat, untuk urusan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur kami tinggal menunggu hasil keputusan,” pungkasnya. (es/R8/HR Online/Editor Jujang)