Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita BanjarSiswa dan Guru di Kota Banjar Dapat Pelatihan Astronomi dari ITB

Siswa dan Guru di Kota Banjar Dapat Pelatihan Astronomi dari ITB

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar pelatihan astronomi di kampus SMA Negeri 3 Banjar. 

Dalam acara tersebut, para peserta yang terdiri dari pelajar serta guru geografi dan fisika tingkat SMP, MTs dan SMA akan dibekali ilmu tentang astronomi. Pelatihan tersebut selama tiga hari, mulai dari tanggal 1 hingga 3 Agustus 2022. 

Kepala SMAN 3 Banjar, Endang Mulyadi mengatakan, pelatihan tersebut sangatlah berguna terutama bagi guru dan siswa. Terlebih saat ini banyak sekolah yang mendapatkan bantuan berupa alat teleskop dari pemerintah. 

“Tapi masih belum mahir dalam mengoperasikannya. Sehingga kegiatan pelatihan astronomi ini tentunya bermanfaat sekali,” kata Endang Mulyadi, Rabu (3/8/2022). 

Lanjut Endang menambahkan, sebagai kota paling timur di Jawa Barat, tentunya wilayah Kota Banjar memiliki keunikan budaya dan karakteristik.

“Karena kita berbatasan langsung dengan Jawa Tengah, pasti memiliki budaya dan karakteristik yang astronomi yang unik,” tambahnya. 

Baca Juga: Sisihkan Ribuan Pesaing, 2 Guru SMAN 3 Banjar Terpilih Program Kemitraan Sekolah Australia-Indonesia

Sementara itu, dosen astronomi ITB, Anton Timur Jaelani mengatakan, pelatihan tersebut mengusung tema “Pendidikan Sains sekaligus Penggalian Dua Akulturasi Budaya Sunda dan Jawa di Perbatasan Jabar-Jateng”. 

Dalam praktiknya, kata Anron, para peserta dibekali ilmu astronomi dengan meneropong bintang pada petang hingga malam hari. 

“Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk pengabdian jurusan astronomi ITB terhadap masyarakat, utamanya dalam bidang pendidikan di Jawa Barat,” katanya. 

Anton berharap, selama kegiatan tersebut peserta dapat memahami ilmu yang pihaknya sampaikan. Kemudian, para guru dan siswa juga nantinya bisa mempraktikkannya.

“Mudah-mudahan pelatihan ilmu tentang astronomi yang kami sampaikan baik teori ataupun praktiknya, bisa memberikan pemahaman lebih luas untuk masyarakat utamanya para guru dan siswa,” pungkasnya. (Sandi/R5/HR-Online/Editor-Adi)