Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita TerbaruSumber Radio Aneh di Gugus Galaksi, Beri Pemahaman Baru!

Sumber Radio Aneh di Gugus Galaksi, Beri Pemahaman Baru!

Sumber radio aneh di gugus galaksi bernama Abell 3226 ini berhasil menentang teori yang ada mengenai asal-usul dan juga sifat masing-masing objek.

Alam semesta ini penuh dengan gugus galaksi. Mereka membentuk struktur besar yang bertumpuk pada persimpangan jaringan kosmik.

Sebuah cluster tunggal bahkan bisa menjangkau jutaan tahun cahaya yang terdiri dari ratusan hingga ribuan galaksi.

Meski demikian, galaksi tersebut hanya mewakili sebagian kecil dari total massa gugus. Baru saja para ilmuwan mengidentifikasi serangkaian objek radio yang jarang terdeteksi dalam kelompok galaksi dinamis bernama Abell 3266.

Baca Juga: Galaksi Berdebu Little Sombrero Diabadikan Teleskop Hubble Milik NASA

Mengungkap Sumber Radio Aneh di Gugus Galaksi

Ketika cluster bertabrakan satu sama lain, maka sebagian besar energi akan masuk ke dalam partikel plasma panas hingga menghasilkan emisi radio. Emisi ini kemudian datang dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Salah satu contohnya adalah “jejak radio”. Sumber yang tidak beraturan di tengah cluster terkenal sebagai “Radio lingkaran cahaya”.

Kemudian ada juga sumber radio “fosil” yang merupakan sisa-sisa radio dari kematian lubang hitam supermasif pada pusat galaksi.

Baca Juga: Gugus Bola Besar di Hercules, Berikut Ini Penjelasan dan Sejarahnya!

Pengamatan Galaksi Abell 3266

Terdapat sekelompok galaksi bernama Abell 3266 yang merupakan sistem tabrakan dinamis dan kacau. Galaksi ini berada di jarak sekitar 800 tahun cahaya.

Abell 3266 memiliki semua fitur pembeda dari suatu sistem yang menampung relik dan aura. Namun, tidak satupun dari hal itu terdeteksi hingga kini.

Menggunakan Teleskop radio ASKAP dan teleskop kompak Australia (ATCA), para astronom melihat Abell 3266 secara lebih detail.

Data yang keluar pun memberikan hasil gambar cukup kompleks. Warna kuning pada gambar menunjukkan fitur input daya aktif.

Sedangkan kabut biru mewakili plasma panas yang tertangkap oleh panjang gelombang sinar-X. Warna merah menunjukkan fitur yang hanya akan muncul pada frekuensi lebih rendah.

Hal itu membuktikan bahwa tempat sumber radio aneh di gugus galaksi ini lebih tua dengan sedikit energi.

Tidak ada yang tahu kenapa Abell 3266 kehilangan energi, entah itu seiring waktu atau mereka memang tidak memiliki cukup banyak energi untuk memulai.

Baca Juga: Galaksi Spiral LEDA 42975 yang Menakjubkan Tertangkap Hubble

Akan Membantu Pemahaman di Masa Depan

Fosil radioaktif yang ada pada gambar terlihat sangat redup dan merah. Selain itu, dengan algoritma cerdas, astronom mendefokuskan gambar utama untuk mencari emisi yang redup dan mengungkap deteksi pertama dari radio korona di galaksi ini.

Pengamatan ini menjadi awal dari jalan menuju pemahaman mengenai gugus galaksi Abell 3266 di masa depan.

Studi ini akan membantu menjawab berbagai pertanyaan yang muncul di masa depan terhadap Abell 3266 serta memungkinkan astronom menemukan hal yang lebih besar.

Temuan sumber radio aneh di gugus galaksi Abell 3266 ini secara langsung menentang pemahaman manusia yang sudah ada sebelumnya.

Gugus galaksi juga bisa astronom gunakan untuk mempelajari berbagai proses, termasuk magnetisme dan juga fisika plasma. (R10/HR-Online)