Kamis, September 29, 2022
BerandaBerita CiamisTahun Baru Islam, Pesantren di Ciamis Gelar Khitanan Massal Gratis

Tahun Baru Islam, Pesantren di Ciamis Gelar Khitanan Massal Gratis

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Pondok Pesantren Nurul Falah Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, menggelar khitanan massal gratis. Kegiatan ini dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1444 Hijriah. Khitanan massal ini berlangsung di lingkungan Pondok Pesantren Nurul Falah, Sabtu (10/08/2022).

Ketua Panitia Yusuf Jamaluddin khitanan massal ini merupakan agenda rutin setiap tahun. Menurut Yusuf bulan Muharam juga biasa dikenal dengan idul yatama atau hari raya anak yatim. Pada pelaksanaan khitanan masal ini, ada 20 anak yang turut serta.

“Pada pelaksanaan khitanan massal kali ini ada 20 anak yang di khitanan pada peringatan tahun baru islam 1444 H,” ujar Yusuf.

Menurut Yusuf maksud dari kegiatan ini agar masyarakat bisa merasakan kehadiran Pondok Pesantren Nurul Falah. Terutama bagi masyarakat kalangan ekonomi menengah ke bawah.

Baca Juga: Ribuan Umat Islam di Ciamis Pawai Ta’aruf Peringati Tahun Baru Islam

Selain khitanan, pihak pesantren pun memberikan santunan kepada anak-anak peserta khitan.

“Kami juga memberi uang saku kepada para peserta,” ucapnya.

Yusuf berharap, ke depan lebih banyak donatur dan dermawan yang saat ini telah membantu pelaksanaan khitanan massal gratis. Sehingga dapat menjadi aksi kebaikan yang tepat untuk berbagai pada momen lebaran anak yatim.

“Selain untuk berbagai kepada sesama, juga sebagai wujud ikhtiar dalam melaksanakan syariat islam. Semoga saja kegiatan khitanan massal menjadi amal soleh dan kebaikan untuk para donatur dan seluruh pihak yang terlibat,” pungkasnya. (Edji/R9/HR-Online/Editor-Dadang)