Rabu, September 28, 2022
BerandaBerita TerbaruTips Agar iPhone Tidak Cepat Rusak Lebih Tahan Lama, Simak!

Tips Agar iPhone Tidak Cepat Rusak Lebih Tahan Lama, Simak!

Tips agar iPhone tidak cepat rusak sehingga akan lebih awet masa penggunaannya. Seperti yang kita tahu, iPhone merupakan salah satu produk besutan Apple yang cukup populer di kalangan pengguna gadget.

Mungkin Anda merupakan salah satu pengguna setia dari produk satu ini. Sama seperti produk smartphone lainnya, menjaga serta merawat perangkat iPhone adalah suatu hal wajib yang harus dilakukan.

Hal ini bertujuan tidak lain adalah agar HP iPhone Anda lebih awet dan tidak gampang rusak. Maka, beberapa cara berikut ini dapat Anda terapkan untuk ponsel iPhone kesayangan Anda.

Baca Juga: Cara Blokir Kontak di iPhone Solusi Hindari Penganggu, Simak!

Simak Tips Agar iPhone Tidak Cepat Rusak

iPhone adalah salah satu pilihan smartphone yang cukup banyak dicari di pasaran. Dalam setiap tahunnya, Apple selaku pihak pengembang, selalu memberikan update yang cukup mencuri perhatian pengguna gadget.

Namun bagaimanakah cara untuk merawat iPhone agar lebih awet dan tahan lama? Berbeda dengan perangkat Android yang dapat kita perbaiki ke tukang service langganan kita.

Khusus perangkat iPhone, apabila terjadi kerusakan hanya dapat kita perbaiki di tempat servis resminya. Oleh karena itu, sebagai pengguna Anda harus memastikan bahwa perangkat iPhone yang Anda gunakan dalam keadaan baik dan terawat.

Berikut ini terdapat beberapa tips agar iPhone tidak mudah rusak yang dapat Anda lakukan antara lain:

Penggunaan Pengisi Daya Ori

Apple merancang produk merek untuk kompatibel serta sesuai dengan sesama produk Apple lainnya. Maka dengan menggunakan charger asli sehingga dapat membuat perangkat iPhone Anda tidak mudah rusak dan tahan lama.

Hindari Penggunaan iPhone Saat Diisi Daya

Tips agar iPhone lebih awet dan tidak cepat rusak selanjutnya adalah tidak mengoperasikan ponsel ketika proses isi daya berlangsung. Hal ini karena cukup rawan mengakibatkan terjadinya korsleting.

Selain itu, pengisian daya yang disertai dengan bermain game juga dapat membebani kinerja baterai iPhone.

Kinerja baterai yang terlalu berlebihan bisa menyebabkan baterai mudah panas. Ini dapat berakibat pada menurunnya kualitas komponen dari perangkat iPhone.

Selanjutnya akan berdampak pada baterai yang mudah rusak karena turun daya. Oleh karena itu, sebaiknya matikan ponsel saat melakukan pengisian daya, sehingga baterai akan lebih awet dan tahan lama.

Baca Juga: iPhone Bunyi Saat di Charge? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi!

Penggunaan Case Berkualitas

Penggunaan case serta pelindung layar adalah salah satu tips agar iPhone tidak cepat rusak berikutnya yang dapat Anda terapkan.

Dengan menggunakan case dapat melindungi bodi ponsel dari berbagai benturan saat terjatuh atau terkena benda keras.

Hal ini juga berlaku untuk pelindung bagian layar. Pelindung layar dapat mengurangi risiko layar retak dan pecah pada layar.

Untuk lebih aman, sebaiknya pergunakan protective case yang tebal serta rapat membungkus handset Anda. Seperti Gorilla Glass atau tempered glass.

Rutin Membersihkan iPhone

Dengan rajin membersihkan perangkat iPhone, menjadi salah satu tips sederhana yang dapat Anda lakukan agar iPhone tidak cepat rusak. Anda dapat membersihkan iPhone kesayangan Anda setidaknya seminggu sekali.

Selain membersihkan pada bagian luar, Anda juga dapat membersihkan berbagai file sampah yang tertinggal di dalam sistem iPhone.

Anda juga dapat mempertimbangkan port charger atau speaker iPhone dari adanya kotoran dan debu dengan menggunakan kuas halus.

Dengan demikian, kualitas pengisian daya serta suara akan tetap terjaga. Dengan rutin membersihkan iPhone tentu akan membuat ponsel terjaga performa dan terlihat menarik.

Baca Juga: Cara Suntik Baterai iPhone, Baterai Penuh Tanpa Harus Ganti!

Aktifkan Tombol Pintas

Cara lain untuk menjaga agar perangkat iPhone tetap awet dan tidak mudah rusak adalah dengan mengaktifkan tombol pintas atau Assistive Touch. Tombol ini dapat Anda temukan pada bagian pengaturan ponsel atau di widget.

Dengan mengaktifkan tombol ini dapat mengurangi beban tombol yang terdapat di Home. Sehingga tombol iPhone pun akan tetap aman tidak mudah rusak.

Ketika mengaktifkan tombol assistive touch, maka Anda dapat memunculkan pintasan.

Dengan pintasan ini dapat meminimalisir terjadinya kerusakan pada tombol lain. Seperti bagian on/off atau tombol volume.

Dengan menerapkan sejumlah tips agar iPhone tidak cepat rusak di atas, maka smartphone kesayangan Anda pun akan lebih awet dan tahan lama. Sekalipun ponsel iPhone yang Anda gunakan merupakan tipe lama, performa akan tetap terjaga. (R10/HR-Online)