Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita TerbaruTips Memilih Head Unit Android Terbaik, Cek Fiturnya!

Tips Memilih Head Unit Android Terbaik, Cek Fiturnya!

Tips memilih head unit Android sangat penting Anda lakukan agar bisa mendapatkan pilihan yang tepat. Seperti yang kita tahu, head unit merupakan sistem audio mobil yang memiliki banyak fungsi.

Pada era digital ini, lebih banyak yang melengkapi mobilnya dengan head unit Android. Sebab, head unit ini bisa menjadi fitur hiburan saat berada dalam mobil.

Menariknya, head unit android ini menyediakan banyak sekali fasilitas yang bisa Anda nikmati. Mulai dari fasilitas stasiun radio, pemutar CD atau DVD, serta memutar musik dari USB.

Tak hanya itu saja, head unit ini juga bisa Anda gunakan untuk memutar musik lewat Bluetooth yang sudah terkoneksi dengan smartphone. Tidak hanya itu saja, head unit Android juga bisa menjadi petunjuk arah untuk pengendara.

Baca Juga: Cara Membuat Android Lebih Ringan dan Optimal, Coba Lakukan Tips Ini!

Tips Memilih Head Unit Android yang Bagus

Head unit yang berbasis Android sekarang ini sudah banyak dipergunakan. Baik itu OEM atau Original Equipment Manufacturer pabrikan mobil hingga aftermarket.

Banyaknya pengguna saat ini tak lain karena head unit ini sudah memakai sistem operasi Android dari Google. Antara lain seperti smartphone Android yang saat ini sudah semakin banyak penggunanya.

Karena mengingat pentingnya manfaat head unit sebagai fitur hiburan pada mobil Anda, maka jangan sampai Anda salah dalam memilihnya.

Tips memilih head unit Android perlu Anda lakukan dengan mempertimbangkan fitur-fitur yang ada terlebih dahulu. Mulai dari Wi-Fi, Bluetooth, fitur, versi Android, prosesor, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Agar Anda tidak salah pilih, maka simak cara memilih head unit android berikut ini:

1. Cek Fiturnya

Dalam memilih head unit untuk mobil, maka jangan lupa untuk cek apa saja fitur yang tersedia dalam head unit Android tersebut.

Pada umumnya, Head unit Android memiliki kapasitas RAM memori yang besarnya antara 1GB hingga 4 GB. Jika kapasitas RAM semakin besar, maka akan semakin besar juga ruang penyimpanan untuk memori.

Tak hanya itu saja, head unit biasanya juga memiliki fitur entertainment yang bisa menjadikan Anda melakukan berbagai hal.

Mulai dari mengatur volume, memilih stasiun radio, menentukan lagu yang Anda suka, memutar CD/DVD, menghubungkan koneksi Bluetooth, USB, Aux-In, sampai dengan untuk  navigasi.

Jika fitur yang terdapat pada head unit kurang lengkap, maka perjalanan Anda bisa menjadi terasa lebih membosankan.

Terlebih saat perjalanan terkendala karena menghadapi kemacetan. Fitur hiburan ini pastinya bisa membuat suasana menjadi lebih nyaman.

Baca Juga: Cara Mengatur Sensitif Layar Android agar Bisa Kembali Normal

2. Ketahui Resolusinya

Untuk resolusi head unit Android biasanya hadir dengan besar 1024 X 640 piksel dengan membawa dukungan layar IPS screen.

Akan tetapi, sekarang ini sudah tersedia layar yang hadir dengan membawa resolusi sebesar 1280 x 720 pixel.

Nah, dengan head unit yang memiliki resolusi layar sebesar ini, maka kualitas gambar pada tampilan layar juga akan menjadi semakin jernih.

Fitur carplay yang ada pada head unit tersebut juga bisa membuat Anda bisa menghubungkan pada iPhone atau smartphone Android Anda pada layar monitor.

Sehingga, Anda bisa  memainkan musik navigasi GPS saat berkendara dengan menggunakan perintah suara.

3. Cek Kualitas Audio

Nah, tips memilih head unit android selanjutnya yaitu dengan mengecek kualitas audio.

Untuk kualitas audio, Anda bisa memilih 36 channel Digital signal Processing. Dengan begitu audio system Anda bisa menjadi semakin berkualitas.

DSP atau Digital signal Processing ini bisa Anda gunakan untuk menghadirkan staging serta  arah suara vokal yang tepat.

4. Processor

Saat Anda memilih head unit, jangan lupa untuk mempertimbangkan masalah prosesornya. Head unit Android biasanya hadir dengan membawa prosesor T3 Quad Core.

Allwinner merupakan salah satu pabrikan pembuat prosesor tersebut. Tak hanya itu saja, ada juga octa core serta Hexa Core processor

Untuk PX 6 octacore merupakan processor yang dirilis oleh pabrikan rockchip. Untuk prosesor ini dinilai lebih unggul dari pada processor T3 allwinner.

Baca Juga: Cara Mempercepat Download di Android dengan Beberapa Trik Mudah

5. Ukuran Layar

Ukuran layar dari monitor head unit Android juga harus Anda pertimbangkan. Biasanya ukuran layarnya sekitar 7.9 dan 10 inchi. Anda harus menyesuaikan ukuran tersebut dengan panel dashboard mobil.

Tips memilih head unit Android yang tak kalah pentingnya yaitu garansi produk head unit Android yang Anda beli. Sebab, pada umumnya pabrikan akan memberikan jaminan garansi selama 1 tahun. (R10/HR-Online)