Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita BanjarToko Elektronik di Kota Banjar Nyaris Ludes Terbakar

Toko Elektronik di Kota Banjar Nyaris Ludes Terbakar

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Sebuah toko elektronik milik Susan Hidayat (44), di Jalan Kantor Pos, Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat nyaris ludes terbakar, Rabu (3/8/2022). 

Beruntungnya, warga yang sedang berada di sekitar lokasi kejadian sempat melihat kepulan asap dari dalam toko tersebut. 

Baca Juga: Masak Air, Dapur Rumah Warga Kota Banjar Malah Ludes Terbakar

Kepala UPTD Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Banjar, Aam Amijaya mengatakan, awalnya warga melihat kepulan asap dari dalam toko sekitar pukul 17.14 WIB. 

“Jadi kondisi toko elektronik tersebut sekitar pukul 17.00 sudah tutup, sehingga rolling door juga tertutup. Tapi warga ada yang melihat kepulan asap dari dalam,” kata Aam Amijaya, Rabu (3/8/2022). 

Ia menjelaskan, khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan warga tersebut langsung melaporkan kejadian itu kepada pemilik toko. 

“Warga langsung melaporkan ke yang punya toko, pas dibuka ternyata api sudah membakar meja kasir dan sebuah kursi,” jelasnya. 

Kemudian, warga berusaha membantu memadamkan api menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) sebelum api merambat ke alat elektronik yang ada di dalam toko. 

“Pemadaman api dilakukan warga menggunakan APAR, sedangkan kita melakukan upaya untuk melakukan penyedotan asap dari dalam toko,” terangnya. 

Penyebab kebakaran toko elektronik di Kota Banjar tersebut, lanjut Aam, sampai saat ini masih belum diketahui, sebab jaringan listrik dalam keadaan aman. Akan tetapi api pertama kali terlihat pada sebuah meja kasir.

“Penyebabnya belum diketahui, di dalam meja memang ada kabel tapi tidak terhubung ke jalur. Kondisi listrik juga tadi aman, karena kalau korsleting listrik pasti lampu mati,” jelasnya. 

Sedangkan dari peristiwa itu, Aam menyampaikan, tidak ada korban jiwa atau luka karena toko sudah tutup. (Sandi/R7/HR-Online/Editor-Ndu)