Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruToyota Kijang Innova Hybrid Akan Dirilis Tanpa Varian Diesel?

Toyota Kijang Innova Hybrid Akan Dirilis Tanpa Varian Diesel?

Toyota Kijang Innova Hybrid rumornya akan meluncur pada akhir tahun 2022 atau awal tahun 2023 mendatang. Mobil ini tampaknya akan mengalami banyak perubahan, terutama di bagian mesin.

Generasi ketiga dari Kijang Innova ini merupakan multi purpose vehicle (MVP) 7 penumpang. Toyota ini akan mendapat perubahan yang cukup signifikan dari sisi teknologinya.

Mengejutkannya lagi, mobil ini sudah terdaftar di India dengan nama HyCross. Apakah menjadi lebih canggih?

Baca Juga: Toyota Innova Hycross Terungkap Daftarkan Nama untuk Seri Hybrid

Toyota Kijang Innova Hybrid Bawa Teknologi Memukau

Indonesia kini sudah memasuki tahap elektrifikasi dalam hal kendaraan. Tidak sedikit kendaraan, terutama roda empat yang menggunakan sistem elektrik dengan tenaga listrik.

Toyota yang merupakan salah satu pabrikan mobil legendaris di Indonesia juga tampaknya akan masuk ke tahap elektrifikasi tersebut. Kabarnya mereka kini tengah mempersiapkan Kijang Innova generasi ketiga.

Sebelumnya, mobil ini juga sudah pernah tertangkap kamera beberapa kali saat sedang melakukan tes jalan.

Jika melihat dari spy hot yang beredar, lekuk bodi Kijang Innova dan juga dimensinya memang mirip dengan Toyota versi sebelumnya.

Desain mobil masih tampak boxy. Hanya saja kini terdapat sedikit perbedaan pada bagian lampu belakang mobil yang terlihat lebih pipih dengan posisi garis horizontal.

Begitu pula pada bagian pilar D mobil yang terlihat lebih tegak. Alhasil, banyak yang meyakini bahwa ruang kepala mobil untuk penumpang di baris ketiga akan jauh lebih luas.

Toyota membekali Kijang Innova terbaru dengan pelek yang berukuran lebih besar. Sementara itu, pada bagian depannya terlihat sedikit rata dengan desain grille yang baru.

Kabar lainnya adalah Inova HyCross ini juga akan menggunakan platform TNGA atau Toyota New Global Architecture dengan sistem penggerak FWD.

Baca Juga: Toyota Kijang Innova EV Hadirkan EV Concept, Tampil di IIMS 2022

Spesifikasi Mesin

Satu yang pasti adalah Innova terbaru ini akan membawa mesin tipe Hybrid yang ramah lingkungan, seperti kebanyakan mobil saat ini.

Namun begitu, belum ada keterangan lebih lanjut terkait dengan spesifikasi lanjutan Toyota Kijang Innova Hybrid ini. Dari informasi yang beredar, Innova generasi terbaru sepertinya tidak akan menjual tipe diesel.

Kemungkinan besar Toyota hanya akan memberikan pilihan mesin bensin dan hybrid.

Kehadirannya di Indonesia

Kini diketahui bahwa Innova Hybrid sudah terdaftar di India dengan nama HyCross. Lantas, bagaimana dengan pasar Indonesia?

Sebelumnya di Indonesia sendiri, Indra Chandra, Project General Manager Toyota Daihatsu Engineering & Manufacturing (TDEM) menjelaskan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan produksi lokal sebuah mobil hybrid.

Indra menjelaskan bahwa rencananya mobil hybrid tersebut akan meluncur akhir tahun 2022. Digadang-gadang mobil tersebut tersebut tidak lain adalah Kijang Innova Hybrid.

Baca Juga: Kijang Innova EV Concept dari Toyota, Mobil Listrik Ramah Lingkungan

Spekulasi ini semakin kuat karena Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian mengatakan bahwa Kijang Innova Hybrid dibuat di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Sayangnya ia tidak menjelaskan waktu pembuatan dan tanggal perilisan pasti mobil Toyota Kijang Innova Hybrid satu ini. (R10/HR-Online)