Kamis, Oktober 6, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariTujuh Atlet Juara Nasional asal Sidaharja Ciamis Dapat Penghargaan di HUT RI

Tujuh Atlet Juara Nasional asal Sidaharja Ciamis Dapat Penghargaan di HUT RI

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Tujuh atlet juara nasional lomba olahraga tradisional (tarumpah) asal Desa Sidaharja, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mendapatkan penghargaan.

Mereka mendapatkan penghargaan dalam momen HUT RI ke-77, di Lapang Desa Pasirnagara, Kecamatan Pamarican, Rabu (17/8/2022).

Atlet-atlet tersebut sudah mengharumkan nama Ciamis dan Jawa Barat di kancah nasional, saat ajang olahraga yang diselenggarakan di Palembang beberapa bulan lalu.

Hal itu pun tentunya menjadi penambah semangat bagi para atlet juara atau peraih medali emas tingkat nasional.

Pantauan HR, pemberian hadiah kepada 7 atlet tersebut oleh Muspika Kecamatan Pamarican, dan anggota DPRD Kabupaten Ciamis, Andang Irfan Sahara.

Usai mendapatkan penghargaan, atlet ini pun diarak menuju kampung halamannya di Desa Sidaharja. Setelah sampai, Kepala Desa Sidaharja bersama ratusan warga penyambut langsung.

Yuliasari, perwakilan atlet tarumpah, mengaku gembira saat menerima anugerah penghargaan dari Muspika Kecamatan Pamarican.

Ia pun berjanji akan terus meningkatkan kemampuannya, demi mempertahankan juara satu tingkat nasional.

“Ini merupakan momen paling berharga bagi kami. Karena kami merasa diakui dan diberikan semangat oleh pemerintah kecamatan. Selain itu juga merasa bangga telah bisa mempersembahkan piala emas untuk Jawa Barat,” katanya kepada HR Online, Rabu (17/8/2022).

Baca Juga: Peraih Emas ASEAN Para Games 2022 Dorong Ciamis Jadi Kabupaten Olahraga

Sementara itu, Suprayogi, pelatih atlet Bakiak, mengaku bangga atas prestasi anak asuhnya yang telah mengharumkan nama kampung halaman. Bukan hanya itu, anak asuhnya tersebut juga sudah mengharumkan Kabupaten Ciamis dan Jawa Barat.

“Intinya raihan juara ini harus bangga. Karena para atlet juara nasional ini secara langsung telah membesarkan nama Jawa Barat di kancah olahraga tradisional tingkat nasional,” ujarnya.

Ia pun berharap, agar anak asuhnya terus semangat, meski kurang mendapatkan respon dan perhatian dari Pemkab Ciamis.

“Mudah-mudahan Pak Bupati Ciamis mau melirik, dan memberikan penghargaan bagi para atlet ini,” harapnya.

Masyarakat Sidaharja Terharu Atlet Juara Nasional Minim Perhatian Pemkab Ciamis

Sementara itu, perwakilan masyarakat Desa Sidaharja, Entis Tisya mengatakan, sangat bangga mempunyai atlet yang mampu mengharumkan nama daerahnya. Meskipun ia mengakui minim pengakuan dari Pemkab Ciamis.

“Terus terang saja, sisi lain kami merasa bangga dan kagum, tapi sisi lain saya juga sedih. Ketika berhasil memboyong dan juara tingkat nasional, namun perhatian pemerintah tidak ada,” ucapnya.

Bahkan, lanjutnya, ia merasa Bupati Ciamis seperti pilih kasih ketika melakukan penyambutan para atlet yang juara nasional.

Alasannya, belum lama ini Bupati Ciamis mengadakan penyambutan kedatangan atlet Asean Para Games dengan sangat meriah.

“Berbeda dengan kedatangan atlet juara nasional asal Sidaharja ini. Sejak kedatangan mereka hingga saat ini, belum ada pemberian penghargaan. Lah penyambutan secara meriah seperti kepada atlet ASEAN Para Games juga gak ada,” tukasnya. (Suherman/R5/HR-Online/Editor-Adi)