Senin, Desember 5, 2022
BerandaBerita PangandaranTunjang Kepariwisataan, Pemkab Pangandaran Garap 3 Proyek Strategis Tahun 2022

Tunjang Kepariwisataan, Pemkab Pangandaran Garap 3 Proyek Strategis Tahun 2022

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Bupati Pangandaran menyebut tahun 2022 ini ada 3 proyek strategis guna menunjang kepariwisataan dan pelayanan kepada masyarakat.

Proyek tersebut di antaranya pembangunan jalan lintas pesisir, perpustakaan daerah dan mall pelayanan publik yang aman dan nyaman.

Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata mengatakan, pembangunan jembatan dan jalan lintas pesisir yang berada di Muara Citonjong, Blok Karangtirta, Dusun Cipari, Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih ini nantinya akan mengembangkan wisata agar lebih merata.

Apalagi, kata Jeje, pembangunan ini berkaitan erat dengan kepentingan masyarakat. 

“Proyek strategis ini akan mengubah berbagai tatanan, mengubah pengembangan wisata yang sekarang terpusat di Pangandaran. Nantinya pusat keramaian akan merata,” kata Jeje usai peletakkan batu pertama pembangunan jalan lintas pesisir, Senin(22/8/2022).

Baca juga: Resmikan Jembatan Sintok, Bupati Sebut ke Pangandaran Jadi Lebih Cepat

Ia menyebut dengan anggaran sebesar Rp 94 miliar, Pemkab berencana akan membangun jalan sepanjang 91 kilometer.

Jalan tersebut mulai dari pantai Karapyak, Kecamatan Kalipucang hingga pantai Madasari yang berlokasi di Kecamatan Cimerak. 

“Seluruh pembangunan jalan ini untuk menghubungkan beberapa objek wisata, seperti Pantai Pangandaran, Batu Hiu, Bojongsalawe, Batukaras hingga ke Pantai Madasari,” ungkap Jeje.

Untuk anggaran pembangunan jalan lintas pesisir ini, lanjut Jeje, ada 3 sumber, yakni dari DAK, Banpro dan APBD Kabupaten Pangandaran.

Dengan adanya akses jalan dan jembatan itu, kata Jeje, wisatawan nantinya bisa mengakses jalan lintas pesisir ini.

Sehingga akan mempermudah akses dari Pamugaran Pangandaran menuju jalan Cikembulan Sukaresik – Batuhiu – Bojongsalawe dan Batukaras sampai ke Madasari.

“Jembatan ini panjangnya 200 meter bisa dilalui oleh wisatawan dari Pangandaran,” jelas Jeje Wiradinata.

Sementara itu, tahun 2023 nanti pihaknya akan membangun jembatan penghubung yang permanen menggantikan jembatan bailey penghubung Nusawiru Cijulang dengan Pantai Batukaras.

“Dengan pembangunan sarana jalan dan jembatan ini yang menjadi salah satu proyek strategis, akses dari Pantai Pangandaran menuju pantai Madasari bisa lebih cepat,” pungkasnya. (Mad/R6/HR-Online)