Minggu, Oktober 2, 2022
BerandaBerita TerbaruUkuran Roller Mio Agar Tarikan Enteng, Cari Tahu Standarnya

Ukuran Roller Mio Agar Tarikan Enteng, Cari Tahu Standarnya

Ukuran roller Mio agar tarikan enteng bisa disesuaikan dengan tipenya. Kurang lebih ada beberapa ukuran yang sama dan berbeda. Mio menjadi salah satu merek sepeda motor tipe matic.

Di mana sepeda motor ini memiliki tipe yang bervariasi. Namun hadir dengan beberapa keunggulan.

Seperti yang sudah banyak masyarakat tahu jika sepeda motor matic lebih banyak menjadi pilihan.

Hal ini karena kendaraan tipe matic lebih mudah dikendarai dengan berbagai fitur menarik. Namun sama seperti kendaraan lain di mana semuanya membutuhkan perawatan.

Hal ini guna untuk menjaga performa kendaraan agar tetap prima. Semua komponen memiliki peranan masing-masing. Salah satu yang cukup berperan yaitu roller.

Roller memiliki masa pakai, meski demikian tidak sedikit dari mereka yang mengganti ukuran roller Mio agar tarikan enteng.

Namun jika Anda ingin mencoba menggantinya, ada baiknya untuk memahami teknik dan prosesnya secara tepat.

Baca Juga: Penyebab Motor Matic Gredek yang Wajib untuk Anda Ketahui dan Pahami

Ukuran Roller Mio Agar Tarikan Enteng dan Optimal

Mio adalah kendaraan tipe matik yang tentunya menggunakan CVT. Komponen yang satu ini berfungsi sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda bagian belakang.

Bahkan di dalam CVT juga terdapat komponen penting yaitu roller. Roller memiliki masa penggunaan yaitu kisaran periode 20.000 km-25.000 km.

Namun ada juga pemilik sepeda motor yang melakukan penggantian meski belum waktunya. Hal ini bertujuan agar tarikan lebih enteng.

Dalam penggantian komponen tersebut harus tahu ukuran standar roller Mio. Ukuran lain tertentu untuk rekonsiliasi saat digunakan untuk harian. Saat melakukan penggantian pahami roller standarnya terlebih dulu.

Cara ini berperan agar Anda tidak salah dalam penggantian ukuran roller. Misalnya sebagai contoh Mio J yang memiliki ukuran standar 9,5 gram.

Baca Juga: Ciri-Ciri Motor Hilang Kompresi dan Beberapa Penyebab untuk Diketahui

Menentukan Ukuran Roller Mio

Setiap tipe Mio memiliki ukuran roller yang tidak sama. Hal ini perlu Anda perhatikan ketika menginginkan mengganti ukuran roller mio agar tarikan enteng.

Ukuran roller Mio GT sama seperti Mio J yaitu 9,5 gram. Sedangkan untuk Mio Soul memiliki ukuran roller standar dengan 2 seri di atas dengan besar 10,5 gram.

Mio M3 memiliki berat roller 10 gram, Mio Smile 10,5 gram, dan Yamaha Mio sendiri memiliki ukuran berat roller sebesar 11 gram. Namun jika Anda ingin mengubah ukuran roller Mio cari tahu ukuran standarnya.

Cara ini membantu tarikan lebih enteng atau mudah berputar ke bawah. Misalnya saja ukuran standar Mio J yaitu 9,5 gram.

Baca Juga: CVT Motor Matic Bergetar, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Karena tujuan mengubah ukuran roller untuk membuat tarikan lebih enteng maka tukar roller dengan ukuran 8 gram.

Jangan Anda sering dalam menggantinya. Hal ini bertujuan agar tidak ada keausan secara berarti. (R10/HR-Online)