Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita BanjarWagub Jabar Apresiasi Hajat Ngabumi Pulomajeti Banjar

Wagub Jabar Apresiasi Hajat Ngabumi Pulomajeti Banjar

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, turut hadir dalam acara Hajat Ngabumi di situs budaya Pulomajeti, Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar.

Dalam kegiatan itu, Wagub Jabar, mengapresiasi upaya masyarakat dan budayawan yang telah melestarikan budaya lokal.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para penggiat budaya, pemangku adat, dan juga mereka yang sudah melestarikan adat budaya dan kebiasaan masyarakat Jawa Barat,” kata Uu Ruzhanul Ulum, Jumat (5/8/2022).

Baca Juga: Di Pulo Majeti Banjar, Kera Menyusui Anak Kucing

Menurutnya, sebuah budaya atau adat kebiasaan para orang tua terdahulu merupakan aset yang harus tetap dijaga dan dilestarikan.

“Ini adalah aset kita dan ini adalah kekayaan kita yang harus dilestarikan oleh kita semua dengan hadirnya tokoh budaya dan pemangku adat. Karena dengan adanya pemangku adat dan tokoh budaya pasti mempunyai prinsip dalam kehidupannya,” terangnya.

Ia menjelaskan, dengan adanya prinsip dari tokoh budaya dan pemangku adat tersebut, sekalipun berbeda-beda sudah tentu akan membawa kemaslahatan bagi semuanya.

“Kami yakin prinsip-prinsip para pemangku adat adalah membawa kemaslahatan dan keberemanfaatan untuk kita semua. Jadi Insya Allah dengan kehadiran mereka di daerah-daerah tidak lagi terjadi saling gesek. Karena sekalipun berbeda dengan yang lain tetapi pada prinsipnya sama cinta tanah air,” jelasnya.

Terpisah, Walikota Banjar Hj. Ade Uu Sukaesih, mengaku merasa bangga dengan adanya acara Hajat Ngabumi di Pulomajeti tersebut. Terlebih saat ini, teknologi semakin canggih akan tetapi masyarakat masih peduli dengan budaya leluhur.

“Seperti yang kita ketahui bahwa teknologi semakin canggih, tapi kita harus sama-sama merawat dan menjaga budaya ini,” katanya.

Ia berharap acara Hajat Ngabumi tersebut dilaksanakan secara rutin setiap tahun.

“Mudah-mudahan ini menjadi agenda rutin tahunan di Kota Banjar kedepannya,” pungkasnya. (Sandi/R7/HR-Online/Editor-Ndu)