Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruWarna Asli Planet Mars Bukanlah Merah? Ini Penjelasannya!

Warna Asli Planet Mars Bukanlah Merah? Ini Penjelasannya!

Warna asli planet Mars ternyata bukan merah? Padahal selama ini planet tetangga Bumi tersebut sudah mendapatkan julukan sebagai ‘Planet Merah’.

Ketika mengatakan Mars, hal pertama yang terlintas di dalam pikiran adalah hamparan gurun merah. Singkatnya, planet ini selalu berkaitan dengan warna merah.

Hal tersebut sebenarnya cukup alami karena planet akan terlihat berwarna merah di langit malam, bahkan dengan mata telanjang. Namun, kini NASA memberikan hasil penjelajahan mereka yang memperlihatkan warna lain di Mars.

Baca Juga: Ciri Planet Mars, Lengkap dengan Fakta Menariknya

Begini Sebenarnya Warna Asli Planet Mars

Mars adalah salah satu planet yang akrab di telinga. Banyak sekali penelitian mengenai planet tetangga Bumi ini.

Bahkan, muncul dugaan bahwa Mars bisa menjadi pengganti Bumi sebagai tempat tinggal makhluk hidup. Selama mengenal Mars, Anda juga pasti lebih akrab dengan sebutan ‘Planet Merah’.

Mars mendapat julukan itu bukan tanpa alasan. Melainkan karena memang planet tersebut memantulkan warna kemerahan di langit malam jika terlihat melalui teleskop maupun mata telanjang.

Namun, apa jadinya jika warna asli Mars sebenarnya bukan merah? Jika seseorang mengatakan Mars memiliki warna biru pasti Anda langsung mengabaikannya dan menganggap pendapat tersebut lelucon.

Tetapi sekarang tampak berbeda karena hasil pengamatan NASA. Sebagai badan antariksa besar dan memiliki alat canggih, NASA memiliki banyak penjelajah di planet merah tersebut.

Penjelajah NASA mengorbit planet demi mengamati apa yang terjadi di dalamnya. Kini, penjelajah NASA merilis beberapa gambar yang memperlihatkan warna baru di planet Mars.

Dalam gambar terlihat terdapat garis-garis biru yang cukup jelas terlihat di atas permukaan planet.

Baca Juga: Suara Pertama Planet Mars dari Rover Penjelajah, Berisi Tiupan Angin

Ditangkap oleh Mars Reconnaissance Orbiter (MRO)

Gambar warna asli planet Mars yang NASA rilis merupakan hasil tangkapan dari robot penjelajah mereka, yaitu Mars Reconnaissance Orbiter (MRO).

Penjelajah ini telah menangkap area permukaan Mars yang membentang ratusan meter. Setiap piksel gambar sama dengan 25 kaki di permukaan Mars.

Garis-garis biru yang ada di permukaan Mars juga menjadi pemandangan yang indah. Adapun wilayah yang bernama Kawah Gamboa, terletak di belahan utara planet ini.

Baca Juga: Gempa di Planet Mars Terdeteksi Ratusan Kali, Apa Penyebabnya?

Mengapa Menjadi Begitu Biru?

Ini mungkin menjadi pertanyaan yang melintas di kepala Anda. Jawabannya terletak pada bagaimana NASA memproses gambar tersebut.

‘Warna palsu’ adalah sebutan yang tepat dalam hal ini. Karena warna yang biru sebenarnya memiliki warna yang sama merah seperti planet lain.

Tetapi sistem memberikan warna biru agar memberikan sedikit variasi dalam frekuensi cahaya yang planet pantulkan.

Daerah yang bergaris biru menunjukkan adanya struktur geologi planet. Hal tersebut akan sangat membantu analisis untuk mengetahui dengan cepat bagaimana letak struktur geologis Mars serta membantu memahaminya dengan lebih rinci.

Jadi, sebenarnya warna asli planet Mars tetap merah. Sedangkan warna biru yang tampak pada gambar MRO tersebut hanya hasil proses sistem dan sebenarnya tetap berwarna seperti permukaan lainnya. (R10/HR-Online)