Jumat, Desember 2, 2022
BerandaBerita Ciamis880 KPM di Sindangrasa Ciamis Terima BLT BBM Tahap I

880 KPM di Sindangrasa Ciamis Terima BLT BBM Tahap I

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Sebanyak 880 KPM di Sindangrasa, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terima BLT BBM tahap I, Rabu (14/09/2022).

Penyalurannya berlangsung di GOR Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Ciamis. Bantuan tersebut langsung disalurkan oleh Kantor Pos Ciamis.

Lurah Sindangrasa, Muhlaso mengatakan, dalam penyaluran bantuan sosial (bansos) tersebut, pihaknya hanya memfasilitasi tempat saja. Sedangkan, untuk penyalurannya oleh pihak Kantor Pos.

“Berdasarkan data KPM yang menerima bantuan sosial BBM itu ada sebanyak 880 KPM dari 13 RW di Kelurahan Sindangrasa,” kata Muhlaso.

Sementara itu, Kabid Dayasos Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Ciamis, Ilmayasa mengatakan, berdasarkan informasi yang pihaknya terima dari PT Pos Ciamis, jumlah penerima BLT BBM di Kabupaten Ciamis mencapai 192.195 KPM. 

PT Pos menyalurkan bantuan tersebut untuk alokasi bulan September dan Oktober 2022. Besaran untuk pembayaran September-Oktober Rp 300 ribu.

Baca Juga : Sedih, Petani di Sindangrasa Ciamis Dipastikan Gagal Panen

“Selain menyalurkan BLT BBM, Kantor Pos juga menyalurkan program Sembako untuk alokasi bulan September sebesar 200 ribu rupiah. Sehingga KPM menerima bantuan BLT BBM dan program Sembako itu totalnya sebesar 500 ribu rupiah,” terang Ilmayasa.

Ia menyebutkan, bansos BBM ini seluruhnya sebesar Rp 600 ribu untuk 4 bulan, terhitung dari mulai bulan September hingga Desember 2022.

Sedangkan, saat ini baru menyalurkan untuk dua bulan dengan nominal Rp 300 ribu. Itu untuk tahap 1. Untuk penyaluran tahap selanjutnya berlangsung pada bulan Desember 2022.

“Sumber anggarannya dari Kementerian Sosial. Jadi penyalurannya secara bertahap, tidak langsung 4 bulan,” terangnya.

Kriteria Penerima BLT BBM di Kabupaten Ciamis

Baca Juga : BLT BBM Rp 300 Ribu Disalurkan, Warga Jabar Sudah Terima?

Ilmayasa menjelaskan, berdasarkan peraturan Dirjen Dayasos, kriteria yang menerima bansos BLT BBM yaitu berasal dari KPM program Sembako. Serta KPM program Keluarga Harapan (PKH).

“Untuk penyaluran bantuan sosial ini berlangsung pada setiap desa atau kelurahan di Kabupaten Ciamis,” tuturnya.

Ilmayasa menambahkan, berdasarkan data, Kantor Pos Ciamis sudah melakukan penyaluran BLT BBM ini ke beberapa kecamatan. Seperti Kecamatan Banjarsari, Lumbung, Kawali, Cijeungjing, Sadananya, dan Kecamatan Ciamis.

“Penyaluran ini langsung oleh Kantor Pos. Jadi kami hanya menerima data sekunder. Untuk penyaluran ini kita bertahap, tidak sekaligus setiap kecamatan,” pungkasnya. (Feri/R3/HR-Online/Editor-Eva)