Senin, September 26, 2022
BerandaBerita BisnisAktivitas Investasi Arus Kas, Cara Membaca dan Jenisnya

Aktivitas Investasi Arus Kas, Cara Membaca dan Jenisnya

Aktivitas investasi arus kas salah satu bagian dari laporan uang masuk dan keluar. Arus kas positif dan negatif, semua tergantung dengan perusahaan itu sendiri.

Adapun arus kas mulai dari aset fisik, investasi surat berharga, atau penjualan keduanya. Agar Anda lebih memahami dengan adanya aktivitas ini bisa cari tahu dari definisinya.

Baca Juga: Manfaat Diversifikasi Investasi, Pengertian dan Bentuknya

Memahami Aktivitas Investasi Arus Kas

Secara garis besar kegiatan investasi erat kaitannya dengan pertumbuhan bisnis untuk mendapatkan keuntungan. Sehingga mampu menjadi kegiatan yang menguntungkan untuk sebuah perusahaan dalam jangka panjang.

Aktivitas pembelian berkontribusi pada peningkatan ukuran sebuah bisnis dan kapasitas produksi. Dengan adanya peningkatan skala operasi sebuah perusahaan harapannya mampu menghasilkan pendapatan lebih tinggi untuk masa depan.

Bahkan sebuah perusahaan akan lebih efisien dengan meningkatkan skala ekonomi operasionalnya. Karena alasan inilah mengapa sebagian besar investor lebih memandang adanya arus kas negatif dari kegiatan tersebut sebagai sinyal yang baik untuk pertumbuhan perusahaan untuk masa depan.

Laporan arus kas itu sendiri merupakan salah satu bagian dari laporan keuangan utama. Selain dari laporan laba rugi atau neraca.

Laporan ini akan menjadi kesenjangan antara laporan laba rugi dan neraca untuk menunjukkan berapa banyak uang tunai yang dihasilkan maupun digunakan.

Baca Juga: Diversifikasi Portofolio Investasi yang Cocok untuk Investor

Cara Membaca Arus Kas Investasi

Membaca laporan arus kas investasi sebuah Perusahaan memang cukup penting untuk para investor. Aktivitas investasi arus kas akan mengukur seberapa efektifnya perusahaan dalam mengelola keuangan baik untuk biaya operasi, pendanaan.

Mempelajari arus kas investasi cukup penting bagi calon investor. Dengan adanya laporan kas investasi membantu calon investor untuk menganalisa fundamental perusahaan itu sendiri.

Untuk itu, sebelum menanamkan modal pada sebuah perusahaan ada baiknya calon investor menganalisis laporan tersebut. Dapatkan kesimpulan apakah investasi tersebut untuk angka panjang atau pendek.

Baca Juga: Investasi Dalam Kas Sebagai Salah Satu Bentuk Penanaman Modal

Jenis Arus Kas

Sebagai investor Anda perlu tahu tentang aktivitas investasi arus kas. Dalam hal ini arus kas terbagi menjadi 3 jenis. Pertama jenis arus kas dari aktivitas operasi.

Dimana hal ini merupakan laporan uang yang keluar dan masuk dari kegiatan operasional perusahaan untuk sehari-hari. Saat perusahaan mendapatkan pemasukan atau justru pengeluaran akan tercantum dalam laporan.

Sedangkan untuk jenis yang kedua yaitu arus kas dari aktivitas investasi. Aktivitas ini adalah uang tunai atau kas yang berfungsi untuk pembelian aset tidak lancar atau jangka panjang untuk menghasilkan keuntungan di masa depan.

Jenis arus kas yang ketiga yaitu dari aktivitas pendanaan. Aktivitas ini adalah dimana kas yang habis atau dihasilkan untuk kegiatan pendanaan menunjukkan arus kas bersih. Kas tersebut berkaitan dengan pendanaan operasi perusahaan.

Aktivitas investasi arus kas menjadi salah satu laporan keuangan yang perlu calon investor ketahui. Sehingga dapat menentukan penanaman modal secara tepat pada perusahaan. (R10/HR-Online)