Senin, Desember 5, 2022
BerandaBerita CiamisAntisipasi Kebakaran, Petugas Cek Kondisi Hydrant dan APAR di Pasar Manis Ciamis

Antisipasi Kebakaran, Petugas Cek Kondisi Hydrant dan APAR di Pasar Manis Ciamis

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Upaya antisipasi kebakaran, UPTD Pasar bersama petugas Damkar dan HPPC (Himpunan Pedagang Pasar Ciamis), melakukan pengecekan hydrant yang ada di Pasar Manis Ciamis, Jawa Barat, Jumat (30/09/2022).

Dalam pengecekan itu terdapat ada 5 hydrant yang terdapat di 3 Blok Pasar Manis Ciamis, yaitu Blok A, B, dan Blok D.

Hasil dalam pengecekan hydrant oleh petugas Damkar Ciamis, kelima Hydrant kondisinya berfungsi. Namun, ada 3 hydrant yang kopling klepnya hilang.

Antisipasi Kebakaran Petugas Cek APAR dan Hydrant di Pasar Manis Ciamis

Selain pengecekan hydrant, petugas juga mengecek ketersediaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Hasilnya, ada sebanyak 10 buah APAR tersedia di Kantor UPTD Pasar Ciamis. Tetapi kondisinya kosong atau tidak ada isinya.

“Alhamdulillah, untuk kondisinya berfungsi dengan baik. Namun untuk masalah klep kopling yang hilang, nanti kita akan koordinasi dengan pihak PDAM untuk memperbaikinya,” kata Dody, Ketua HPPC Ciamis.

Baca Juga : Atap Pasar Subuh Ciamis Ambruk, Diduga Akibat Sudah Lapuk

Menurut Dody, pihaknya tidak mengetahui betul hilangnya klep hydrant tersebut. ia menduga ada orang iseng yang mengambilnya. Tapi untuk air semuanya berfungsi dengan baik.

“Tadi ada dua buah hydrant yang lokasinya berdekatan dengan PKL. Namun kondisinya tidak terhalang. Tapi nanti kita akan sosialisasikan lagi kepada para pedagang lagi,” ujarnya.

Sedangkan untuk APAR, lanjut Dody, pihaknya telah mengecek ke Kantor UPTD Pasar Ciamis, ternyata ada 10 APAR yang kosong. Namun sekarang sedang dilakukan pengisian oleh pegawai UPTD Pasar Ciamis.

“Untuk APAR Insha Allah besok juga sudah ada dan sudah bisa berfungsi jika ada kejadian kebakaran. Kita akan simpan di posko keamanan,” kata Dody.

3 Hydrant di Pasar Manis Ciamis Tak Berfungsi

Sementara itu, Petugas Damkar Ciamis, Seprinda Suyatman mengatakan, dalam upaya antisipasi kebakaran dengan melakukan pengecekan kondisi hydrant di Pasar Manis Ciamis.

Pihaknya menemukan hanya 2 hydrant yang masih bisa digunakan, dari total 5 hydrant yang ada. Sedangkan yang tiga lagi tidak ada klep koplingnya.

Baca Juga : Akibat Korsleting Listrik, Kabel di Taman Raflesia Ciamis Terbakar

“Maka dari itu, kami mengimbau kepada pengelola Pasar Ciamis untuk dapat segera  memperbaiki ring kopling, agar jika terjadi kebakaran petugas Damkar bisa menggunakannya,” katanya.

Seprinda juga menjelaskan, fungsi klep kopling itu nantinya untuk menyambungkan atau mengkoneksikan selang pemadam dengan hydrant.

“Jadi nantinya jika ada klep kopling pada hydrant, otomatis akan masuk ke selang Damkar dan  petugas bisa langsung menggunakan,” jelasnya.

Perlu Pengecekan Rutin

Menurut Seprinda, untuk pemeliharaan hydrant minimalnya ada pengecekan 1 bulan sekali. Salah satunya mengecek bagian klep kopling.

Kalau bisa sesering mungkin pengelola pasar mengecek, apakah hydrant tersebut ada konektornya (klep kopling) atau tidak. Kemudian terhalang pedagang atau tidak, itu harus menjadi perhatian.

Ia menambahkan, jumlah hydrant di Pasar Manis Ciamis saat ini masih kurang. Idealnya 1 blok 1 hydrant.

“Minimal 1 blok 1 hydrant agar akses memudahkan petugas Damkar jika terjadi kebakaran. Posisi pasar di atas (Pasar Subuh) kan saat ini tidak ada,” pungkasnya. (Feri/R3/HR-Online/Editor-Eva)