Senin, Desember 5, 2022
BerandaBerita CiamisAntisipasi Longsor Susulan, Warga Sukawening Minta Pemkab Ciamis Bangun TPT

Antisipasi Longsor Susulan, Warga Sukawening Minta Pemkab Ciamis Bangun TPT

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Antisipasi longsor susulan, warga melalui Pemerintah Desa (Pemdes) Sukawening, Kecamatan Cipaku, meminta kepada Pemkab Ciamis untuk segera membangun tembok penahan tebing (TPT).

Permintaan tersebut seiring dengan adanya longsor yang terjadi di lintas Desa Sukawening, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Sabtu (24/9/2022) pukul 02.00 WIB.

Kepala Desa Sukawening, Hendi Hermawan mengatakan, tebing jalan kabupaten yang ada di Dusun Sukadana tersebut longsor pasca hujan deras.

Baca Juga : Akses Jalan Penghubung Pangandaran-Tasikmalaya Tertutup Longsor

Bahkan, material longsoran sampai menutup sebagian bahu jalan, sehingga akses lalu lintas sempat terganggu.

“Jalan kembali normal setelah warga setempat kompak mengevakuasi material longsoran yang berada di bahu jalan,” katanya, Sabtu (24/9/2022).

Lebih lanjut Hendi menambahkan, bahwa tanah longsoran sempat menutup jalan utama yang berstatus sebagai jalan kabupaten. 

“Akibat kejadian tersebut, tidak hanya akses jalan menjadi terganggu, akan tetapi satu rumah milik warga yang berada di atas tebing terancam,” ujarnya.

Baca Juga: Tebing Longsor di Tasikmalaya Timbun 2 Pekerja, 1 Orang Tewas

Sementara untuk mengantisipasi longsor susulan, pihaknya mengharapkan agar Pemkab Ciamis untuk secepatnya membangun TPT.

Bahkan pada tahun 2019 lalu, pihaknya sudah pernah mengusulkan agar sepanjang tebing jalan yang dianggap rawan bencana longsor dibuat TPT.

“Namun entah apa sebabnya hingga saat ini belum juga terealisasi,” tukas Hendi.

Menurutnya, pemerintah desa hanya bisa berharap agar Pemkab Ciamis melalui instansi terkait dapat segera membangun TPT. Terutama di tiga titik rawan bencana longsor yang berada di wilayah Desa Sukawening.

Sebab, katanya, apabila berlarut larut tidak menutup kemungkinan longsor susulan bakal terjadi. 

“Ya, sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan, pembuatan TPT jalan kabupaten yang berada di Desa Sukawening besar harapan dalam waktu dekat dapat segera dilaksanakan,” harapnya. (Dji/R5/HR-Online/Editor-Adi)