Kamis, September 29, 2022
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Chat Web 3 Terenkripsi Sebagai Bentuk Keamanan Pribadi

Aplikasi Chat Web 3 Terenkripsi Sebagai Bentuk Keamanan Pribadi

Aplikasi Chat Web 3 terenkripsi mengandalkan blockchain vexanium. Selanjutnya juga mengandalkan TOR untuk mencapai privasi dan keamanan. Seperti namanya bahwa The Onion Router (TOR) mengandalkan teknologi parutan bawang lias onion routing.

Pesan maupun permintaan yang dikirim akan melalui beberapa lapis keamanan sebelum akhirnya mencapai tujuan tertentu. Hadirnya aplikasi ini maka mampu untuk menjamin keamanan data para pengguna.

Baca Juga: Aplikasi Chat Omnichannel Saluran Komunikasi Universal

Aplikasi Chat Web 3 Terenkripsi, Platform Apa Ini?

Saat orang-orang di seluruh belahan dunia sadar akan hal privasi mereka, akhirnya Skeapp sebagai perusahaan startup mampu memberi perlindungan. Pasalnya perusahaan yang berbasis di Yogyakarta itu mampu memberi perlindungan serta keamanan data kepada para penggunanya.

Pasalnya perusahaan ini berfokus pada layanan berupa pesan singkat yang berbasis web 3.0 dengan mengandalkan teknologi blockchain vexanum dan jaringan TOR. Tujuannya adalah untuk bisa mencapai keamanan serta privasi para pengguna.

Seperti yang kita ketahui, bahwa aplikasi yang sudah dilengkapi fitur keamanan berbasis enkripsi end to end sudah ada banyak. Pasalnya kehadiran teknologi seperti ini mampu untuk menjaga privasi maupun keamanan penggunanya.

Baca Juga: Aplikasi Chat AyoTalk Karya Anak Kebumen Meluncur, Ini Kegunaannya!

Manfaat Aplikasi

Memang sudah ada banyak platform termasuk Aplikasi Chat Web 3 terenkripsi ini yang memanfaatkan data pribadi pengguna untuk tujuan tertentu. Salah satunya adalah data pribadi, seperti nomor telepon, alamat email hingga lokasi.

Sehingga dengan menggunakan Speakapp, maka para pengguna tidak harus lagi menggunakan nomor telepon hingga email atau lainnya. Karena setiap aktivitas komunikasi akan langsung dienkripsi dulu pada lokal perangkat sebelum kirim.

Bahkan hanya penerima yang memiliki private key saja yang dapat mendeskripsi pesan itu sendiri. Sehingga tidak akan ada data yang tersimpan dalam server sebab semua kegiatan yang terjadi itu bersifat peer-to-peer.

Baca Juga: Aplikasi Chat Global Terbaik Android, Dapatkan Teman Bule Lebih Mudah

Memudahkan dalam Mengirim Pesan

Nah adanya hal seperti itu, maka kedaulatan identitas serta informasi bisa tercapai dengan cepat. Untuk saat ini para pengguna juga sudah bisa melakukan registrasi serta mengirim pesan kepada orang lain.

Kabarnya untuk fitur lain seperti video call hingga voice dan sticker maka akan segera diselesaikan setidaknya pada akhir tahun 2022 mendatang. Nah sebagai perspektif sejak 2019 lalu Facebook sudah mendapat perintah agar membayar denda karena mendapat data pribadi sampai 87 juta pengguna.

Kemudian WhatsApp juga menjadi sorotan sebab pembaruan privacy policy alias kebijakan privasi melanggar privasi penggunanya. Nah dalam kebijakan terbaru maka WhatsApp mengungkapkan bahwa informasi akan berpihak ke perusahaan Meta.

Mengingat ada banyak pengguna yang telah berfokus pada keamanan data pribadi, maka kebijakan privasi baru ini sebenarnya cukup memaksa. Sehingga para pengguna tidak memiliki pilihan lain untuk menyetujui persyaratan itu.

Sebagaimana penjelasan awal, bahwa Aplikasi Chat Web 3 terenkripsi ini telah mengandalkan teknologi jaringan TOR dan blockchain vexanium yang sangat bermanfaat. (R10/HR-Online)