Senin, Februari 6, 2023
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Google Authenticator untuk Keamanan, Ini Penggunaannya!

Aplikasi Google Authenticator untuk Keamanan, Ini Penggunaannya!

Aplikasi Google Authenticator merupakan platform otentikasi dua faktor (2FA). Google Authenticator merupakan aplikasi yang memiliki cara kerja dengan mengeluarkan kode otorisasi ke HP. Keberadaan aplikasi HP ini cocok untuk tujuan keamanan informasi.

Apabila para pengguna mengakses akun Anda namun tak memiliki kode otorisasi, maka mereka tidak bisa masuk ke akun Anda. Seperti yang kita tahu bahwa penggunaan aplikasi 2FA ini bisa mencegah orang asing untuk mengakses data milik Anda.

Baca Juga: Aplikasi Kencan Digital Omi Hadir untuk Memudahkan Cari Jodoh

Aplikasi Google Authenticator Sebagai Keamanan Pribadi

Aplikasi besutan Google ini adalah sebuah platform otentikasi dua faktor universal alias 2FA. Ini juga menjadi tindakan untuk menambahkan keamanan ekstra ke akun milik Anda sendiri sehingga lebih aman.

Apabila Anda sudah menyiapkan 2FA ini, segera masukkan kata sandi Anda sebanyak satu kali saja. Hal ini adalah untuk memasukkan akun dari perangkat baru supaya bisa terkoneksi dengan Google Authenticator.

Walaupun Google sudah cukup lama beralih dari autentikasi berbasis kode, rupanya perusahaan ini juga masih menawarkan generator kode 1 kali.

Meski demikian, rupanya Google Authenticator ini telah mendapatkan fitur eksposur yang berharga dan memungkinkan untuk transfer kredensial ke semua akun 2FA.

Baca Juga: Aplikasi Investasi Multi Aset Hadir untuk Memudahkan Penggunanya

Persyaratan Sebelum Menggunakan

Setidaknya ada beberapa persyaratan penting yang harus Anda lakukan sebelum menggunakan aplikasi Google Authenticator ini. Pasalnya aplikasi ini bisa Anda gunakan dalam memberikan keamanan tambahan ke seluruh akun yang Anda punya.

Salah satu syaratnya adalah Anda harus menyiapkan verifikasi 2 langkah pada akun Google. Setelah itu langsung instal aplikasi ini pada smartphone dan bisa Anda temukan melalui layanan Google Play Store.

Akan tetapi jika kamera HP anda tidak dapat memindai barcode, maka perlu menginstal aplikasi khusus untuk pemindai barcode. Jika sudah, kemudian Anda bisa langsung melakukan tahap selanjutnya yakni menggunakannya.

Baca Juga: Aplikasi Catatan Penjualan, Ini Pilihan dan Manfaat Menggunakannya

Cara untuk Menggunakannya

Setelah Anda memenuhi segala persyaratannya yang tersisa adalah hanya mengatur aplikasi pada ponsel Anda. Sebagai langkah pertama, langsung buka halaman keamanan akun Google pada browser dan klik verifikasi 2 langkah.

Pada bagian atas aplikasi pilih opsi Setup dan pilih lagi jenis ponsel lalu tekan berikutnya untuk bisa melihat kode QR. Buka Google Authenticator di ponsel lalu ketuk untuk memulai penyajiannya.

Selanjutnya ketuk pindai kode batang, lalu pindai kode QR yang tercetak pada browser milik Anda tadi. Jika sudah, lalu klik tombol Berikutnya dan masukkan kode pada layar dalam kolom teks kemudian klik opsi Konfirmasi.

Terakhir adalah dengan klik pilihan Selesai untuk menyelesaikan penyiapan akun Google Authenticator Anda. Mudah bukan?

Kesimpulannya, bahwa aplikasi Google Authenticator ini merupakan aplikasi keamanan tambahan dengan verifikasi 2 langkah. Tujuannya adalah untuk mengautentikasi kebenaran pengguna aplikasi maupun akun serta sebagai keamanan data pribadi penggunanya. (R10/HR-Online)