Kamis, September 29, 2022
BerandaOtomotifMotorBau Sangit pada Motor Matic, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bau Sangit pada Motor Matic, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bau sangit pada motor matic memang seringkali dialami oleh beberapa orang. Jika Anda salah satunya, maka jangan menganggapnya remeh. Karena kondisi pada motor matic yang sudah bau sangit, berarti ada tanda bagian mesin sedang bermasalah.

Selain itu bau tersebut rupanya juga bisa berasal dari knalpot yang mengepul berwarna putih maupun hitam. Guna bisa mengetahuinya, sebaiknya Anda segera mengeceknya terlebih dahulu supaya komponen lain tidak ikut rusak.

Baca Juga: Cara Tune Up Motor Matic Injeksi Agar Kembali Seperti Semula

Bau Sangit pada Motor Matic Ini Harus Anda Pahami

Setiap jenis mesin kendaraan roda dua tak terkecuali matic pasti akan menciptakan panas berlebih karena terdapat pembakaran. Hanya saja apabila mesin motor cepat panas hingga terjadi overheat tentunya hal seperti ini akan sangat berbahaya.

Selain itu mesin yang lebih cepat panas seperti ini juga akan diikuti pula dengan munculnya bau sangit dari bagian mesin. Meski demikian bau tersebut rupanya juga bisa berasal dari asap knalpot yang mengepul.

Bau sangit seperti ini bisa saja terjadi karena ada beberapa faktor, salah satunya akibat dari proses pembakaran tidak sempurna pada ruang bakar. Munculnya sangit dari motor ini juga bisa terjadi karena panas berlebih karena ada penumpukan karbon atau kerak pada ruang bakar.

Pasalnya kerak yang menempel pada bagian katup buang ternyata bisa membuat celah sehingga bahan bakar akan keluar dari knalpot. Sebelum mengatasinya, maka ketahui dulu beberapa penyebabnya agar mudah untuk menanganinya nanti.

Terdapat Kerak pada Ruang Bakar

Penyebab bau sangit pada motor matic ini memang bisa terjadi karena ada kerak pada bagian ruang bakar. Hal ini karena bekas pembakaran tidak sempurna akibat dari bahan bakar beroktan rendah hingga menimbulkan kerak.

Jadi apabila Anda menggunakan bahan bakar beroktan rendah, kemungkinan besar resiko kerak bisa muncul lebih cepat.  Jika kerak pada bagian ruang bakar sangat menumpuk, kemungkinan besar akan membuat pembakaran menjadi bermasalah.

Sehingga akan mengakibatkan mesin menjadi lebih cepat panas karena kompresinya meningkat. Pasalnya kerak pada bagian katup buang seperti ini nantinya bisa menciptakan celah-celah. Ini akan membuat bahan bakar keluar melalui lubang knalpot kendaraan.

Baca Juga: Cara Servis CVT Motor Matic dari Rumah, Para Pemula Wajib Tahu Ini!

Terjadi Kebocoran Oli Mesin

Bau sangit pada motor matic juga bisa terjadi akibat dari kebocoran oli mesin pada beberapa bagian mesin. Pasalnya oli yang bocor seperti ini bisa mengenai bagian luar mesin yang panas sehingga bisa timbul bau sangit.

Meski demikian dari sini akan ada dua penyebab yang bisa menimbulkan kebocoran oli tersebut. Pertama yaitu mengenai kebocoran seal oli mesin, dan bagian ini bisa rusak apabila jumlah oli mesin jumlahnya berlebih.

Untuk yang kedua ini adalah seal olinya dipasang dengan cara yang salah. Sebab pemasangan yang tidak benar atau salah dengan dudukan seal akan membuat permukaannya menjadi tidak rata sehingga bisa menimbulkan celah.

Apabila seal sudah tidak bisa lagi menutup dengan rapat, kemungkinan besar akan menyebabkan oli menjadi bocor. Sehingga sangat penting bagi Anda untuk memeriksa bagian seal oli. Lalu bagaimana untuk mengatasinya?

Baca Juga: CVT Motor Matic Bergetar, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Cara Mengatasi Motor yang Bau Sangit

Jika bau sangit pada motor matic menimpa Anda, maka sebaiknya harus segera mengatasinya sesegera mungkin. Seperti pembahasan sebelumnya, bahwa Anda bisa mengganti seal oli dengan yang baru agar oli tidak merembes lagi.

Namun sebelum ganti, sebaiknya perbaiki duku posisinya supaya bisa pas dengan dudukannya. Tak hanya itu saja, melainkan Anda juga harus rajin mengganti oli supaya pelumas bisa semakin sempurna.

Mengingat bahwa oli yang buruk rupanya juga menjadi salah satu penyebab mesin panas walaupun Anda telah ganti seal oli. Jika dalam keseharian Anda sering membawa beban-beban berat, sebaiknya dari sekarang kurangi saja.

Karena ternyata motor yang sering membawa beban berat bisa menyebabkan mesin panas hingga menimbulkan bau sangit. Oleh karena itu hindari penggunaan benda-benda berat pada motor supaya kendaraan juga tidak cepat rusak.

Apabila Anda menemukan bau sangit pada motor matic kesayangan Anda, sebaiknya langsung saja mengatasinya. Jika tak bisa, maka solusinya bawa ke tukang bengkel terdekat. (R10/HR-Online)