Selasa, Desember 6, 2022
BerandaBerita TerbaruBentuk Tulang Selangka pada Tubuh Beserta Letak dan Fungsinya

Bentuk Tulang Selangka pada Tubuh Beserta Letak dan Fungsinya

Bentuk tulang selangka sangat khas. Tulang selangka memiliki bentuk yang memanjang seperti pipa. Bagian dari anatomi tubuh ini berperan cukup penting di kehidupan.

Tanpa tulang selangka, maka manusia tidak akan memiliki bahu yang menghubungkan lengan atas pada batang tubuh. Alhasil, tangan pasti tidak akan bisa bergerak.

Nama lain dari tulang selangka adalah clavicula. Bentuk tulang ini sangat khas dengan ukuran yang normal.

Baca Juga: Fungsi Tulang Belakang pada Manusia Sangat Beragam, Simak di Sini!

Bentuk Tulang Selangka Manusia

Di dalam anatomi tubuh manusia, terdapat bagian tulang. Tulang sendiri merupakan kerangka yang membentuk tubuh manusia.

Ciri khas dari tulang sendiri adalah keras dan memiliki berbagai macam bentuk. Namun, kebanyakan tulang di dalam tubuh manusia berbentuk memanjang secara vertikal.

Tulang akan membentuk tubuh dan dapat bergerak dengan bantuan otot yang menempel di sekitarnya. Manusia memiliki beberapa tulang di bagian tubuhnya.

Di bagian atas tubuh, tepatnya setelah leher dan tengkorak, terdapat tulang selangka atau clavicula. Tulang selangka ini membentuk bahu dan juga menghubungkan lengan atas pada batang tubuh.

pada embrio, tulang selangka menjadi tulang pertama yang mengalami proses pengerasan osifikasi di minggu ke-5 dan ke-6. Namun, clavicula juga menjadi tulang terakhir yang menyelesaikan proses pengerasan tersebut, yakni pada usia 21 tahun.

Masuk ke dalam kelompok tulang pipa, tulang selangka memiliki bentuk yang memanjang seperti pipa. Bentuk tulang ini seperti kurva-ganda dan juga memanjang.

Menariknya, tulang selangka menjadi satu-satunya tulang dengan posisi memanjang horizontal yang ada di tubuh manusia.

Meski termasuk tulang panjang, tetapi tulang selangka menjadi satu-satunya yang tidak memiliki sumsum di dalamnya karena justru tersusun tulang spons.

Baca Juga: Fungsi Sistem Muskular untuk Tubuh Beserta Jenisnya

Letak Tulang Selangka

Setelah mengetahui bentuk tulang selangka, maka akan lebih baik jika Anda juga mengetahui di mana tulang ini berada.

Sebelumnya memang sudah dijelaskan bahwa tulang selangka berada di bawah leher. Tempat yang paling tepat dari tulang selangka adalah di atas rusuk pertama.

Pada ujung medial, clavicula bersendi tersebut pada manubrium dan sternum (tulang dada) di sendi sternoclavicularis. Di bagian ujungnya, lateral bersendi ini berdekatan dengan acromion dari scapula (tulang belikat) dan juga sendi acromioclavicularis.

Perlu Anda ketahui juga bahwa tulang selangka wanita dan pria berbeda. Tulang selangka pada wanita akan lebih pendek, tipis, dan kurang melengkung.

Permukaan tulang selangka pada tubuh wanita juga lebih halus, sedangkan tulang selangka pada pria adalah kebalikannya.

Baca Juga: Pengertian Tulang Kompak, Fungsi dan Letaknya di Dalam Tubuh

Fungsi Tulang Selangka

Setelah mengetahui bentuk dan juga letaknya, Anda mungkin sudah mengetahui fungsi dari tulang ini. Ya, tulang selangka berperan sebagai pengganjal antara anggota gerak atas dari bagian dada agar lengan dapat bergerak bebas.

Selain itu, dengan bentuk tulang selangka yang memanjang horizontal, maka juga berfungsi untuk meneruskan goncangan dari anggota gerak atas menuju ke rangka tubuh (aksial). (R10/HR-Online)