Kamis, Februari 2, 2023
BerandaBerita BisnisCara Daftar SBN Ritel di Bareksa, Pengertian dan Keuntungannya

Cara Daftar SBN Ritel di Bareksa, Pengertian dan Keuntungannya

Cara daftar SBN Ritel di Bareksa bisa dilakukan via online. SBN Ritel di Bareksa menjadi instrumen yang tepat dengan cara daftar mudah. Namun sebelum daftar di instrumen investasi ini tidak ada salahnya jika Anda perlu tahu apa sebenarnya SBN Ritel itu sendiri.

Baca Juga: Tipe Investor Berdasarkan Profil Risiko, Ini 3 Jenis yang Berbeda

Cara Daftar SBN Ritel di Bareksa, Ikuti Langkah Ini

Saat ini pilihan instrumen investasi semakin banyak. Namun sebagai calon investor ada baiknya untuk bisa memilih investasi yang aman, salah satunya yang dijamin negara.

Melalui Surat Berharga Negara Ritel (SBN Ritel) kini ada penawaran terdekat yaitu Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR011. Pemerintah sendiri telah memulai menerbitkan SBR011 tahun ini.

Instrumen ini cukup menarik bagi investor pemula, terutama bagi mereka yang menghindari risiko berinvestasi. Jika Anda tertarik dengan SBN Ritel sebaiknya segera daftar di Bareksa. Adapun langkah pendaftarannya yaitu:

  1. Silahkan login ke aplikasi Bareksa menggunakan email dan password terdaftar.
  2. Langkah selanjutnya pilih SBN pada halaman utama di bagian card SBN.
  3. Akan muncul mengenai deskripsi SBN dan anda perlu mempelajarinya terlebih dulu. Jika sudah yakin silahkan klik dan mulailah berinvestasi.
  4. Data rekening investor akan muncul dan Anda bisa memilih rekening yang ada atau menambah baru. Jika menambah rekening baru pastikan nama rekening dan e-KTP cocok > klik konfirmasi.
  5. Tunggu verifikasi selesai dengan waktu kurang dari 2×24 jam. Jika proses selesai investor akan mendapatkan notifikasi.

Baca Juga: Aktivitas Investasi Arus Kas, Cara Membaca dan Jenisnya

Mengenal Apa itu SBR

Seperti penjelasan sebelumnya, jika cara daftar SBN Ritel di Bareksa cukup mudah. Anda bisa daftar melalui online.

Namun sebelum melakukan pendaftaran ada baiknya jika Anda tahu pengertian dari SBR.

SBR adalah singkatan dari Saving Bond Ritel adalah obligasi negara dengan jangka waktu 2 tahun. Sifatnya memang mirip dengan tabungan investor harus menyimpan investasi hingga jatuh tempo.

Meski instrumen ini tidak dapat diperdagangkan, namun fasilitas pencairan awal setelah 12 bulan. Jika Anda tertarik ingin berinvestasi sebaiknya segera pesan SBR011 saat masa penawaran berlangsung.

Namun jika Anda investor yang pernah berlangganan investasi di Bareksa, maka cukup dengan melakukan daftar ulang.

Untuk investor pemula perlu adanya kelengkapan data untuk pembuatan rekening SBN. Segera daftar di setiap masa penawaran dibuka.

Baca Juga: Panduan Investasi Lestari Dukung Praktik Berkelanjutan

Kelebihan Memilih SBR Ritel

SBR Ritel kini sudah mulai ditawarkan sejak bulan Mei 2022. Selain cara daftarnya yang cukup mudah, ternyata investor pun bisa memperoleh keuntungan. Keuntungan dari SBR itu sendiri yaitu berupa kupon.

Sifat dari kupon atau bunga tersebut yaitu floating with floor, artinya bisa naik dan tidak dapat turun dari batas minimal. Kupon atau bunga yang dapat investor itu bayarkan secara bulanan langsung ke rekening investor sendiri.

Bagi smart investor yang membeli SBN dan SBR Ritel sekaligus dapat membantu negara. Hasil dari penerbitan SBN Ritel untuk membiayai pembangunan dalam APBN. Segera daftar dan gunakan cara daftar SBN Ritel di Bareksa. (R10/HR-Online)