Sabtu, Oktober 1, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Ganti Home Screen iPhone 14 yang Penting Anda Ketahui

Cara Ganti Home Screen iPhone 14 yang Penting Anda Ketahui

Cara ganti home screen iPhone patut untuk Anda simak dan ketahui. Karena jika mengetahuinya, maka akan lebih mudah dalam menerapkannya. Selain iPhone 14, memang seri lain belum memiliki kemampuan untuk ganti home screen dengan cara tertentu.

Karena sampai saat ini rupanya para pengguna hanya bisa melakukan pergantian wallpaper layar iPhone itu saja. Apple sendiri memang tak menawarkan banyak fitur untuk merubah home screen, akan tetapi berbeda lagi untuk versi iOS 14.

Baca Juga: Cara Buat Wallpaper Bergerak di iPhone, Mudah dan Simple!

Cara Ganti Home Screen iPhone Paling Praktis

Kembali ke pembahasan awal, bahwa perusahaan Apple sebenarnya tidak menambah fitur untuk mengubah tema dari home screen. Pasalnya selama ini para pengguna hanya dapat mengubah gambar latar belakang saja pada layar iPhone mereka.

Berbeda lagi dengan smartphone Android yang sudah memungkinkan para pengguna untuk merubah tema tampilan layar. Sebagian besar pengguna perangkat iPhone hanya dapat melihat home screen iPhone secara apa adanya saja.

Memang tak ada banyak fitur dari Apple untuk merubah home screen supaya bisa terlihat lebih estetik lagi. Akan tetapi belakangan ini semenjak kehadiran sistem operasi iOS 14, maka para pengguna sudah bisa menambahkan widget ke home screen mereka.

Seperti yang kita tahu bahwa home screen sendiri adalah salah satu bagian utama dari sebuah tampilan layar smartphone. Sehingga bisa kita gunakan sebagai wadah atau tempat untuk membuat berbagai macam aplikasi.

Baca Juga: Split Screen iPhone Alternatif Buka Dua Aplikasi Bersamaan, Ini Caranya

Tentang Sistem Operasi iOS 14

Sebelum lanjut ke cara ganti home screen iPhone, sebaiknya ketahui terlebih dahulu mengenai sistem operasi iOS 14 ini. Pada dasarnya sistem operasi iOS 14 ini telah menghadirkan perubahan besar, terutama pada bagian home screen iPhone.

Selain bisa menghadirkan fitur widget, maka iOS 14 ini juga memungkinkan para penggunanya mengganti hingga merapikan tampilan ikon aplikasi. Memang sebenarnya tak ada fitur khusus terkait penggantian ikon pada home screen di iPhone 14 ini.

Akan tetapi mengganti maupun merapikan tampilan ikon aplikasi home screen bisa kita lakukan melalui fitur Shortcut atau pintasan iOS 14. Sehingga para pengguna harus membuat Shortcuts dahulu agar bisa membuka aplikasi yang mereka pilih.

Nah ikon Shortcuts ini nantinya akan ditampilkan pada home screen iPhone. Melalui fitur tersebut, maka para pengguna iOS 14 juga akan memiliki gambar hingga desain ikon.

Tips Mengubah Gambar Ikon Aplikasi

Cara ganti home screen iPhone sebenarnya sesuatu yang tergolong cukup mudah bagi beberapa orang. Jika Anda hendak melakukannya langkah pertama adalah dengan mengumpulkan gambar yang ingin Anda terapkan sebagai ikon aplikasi.

Kunjungi halaman dari browser Safari Anda kemudian pilih unduh ikon. Jika sudah kemudian buka gambar, pilih opsi Bagikan dan Simpan Gambar. Nantinya gambar akan tersimpan dalam galeri iPhone, kemudian buka aplikasi Pintasan dan klik ikon (+) plus pada bagian sudut kanan atas.

Pilih lagi opsi Tambah Tindakan kemudian masukkan tindakan bernama Buka Aplikasi. Ketika tindakan muncul, klik lagi Nama Aplikasi dan mulailah untuk mengetik aplikasi yang ingin Anda buka dari pintasan.

Klik ikon titik 3, klik opsi Tambahkan ke Layar Utama, klik logo pintasan untuk membuat aplikasi yang ingin Anda gunakan kemudian klik Pilih Gambar. Masukkan gambar, dan pada kolom khusus, ubah nama pintasan terakhir klik opsi Tambah. Selesai.

Baca Juga: Screen recording di iPhone Tanpa Aplikasi, Simak Tutorial Lengkapnya!

Tips Mengganti Tampilan Ikon

Cara ganti home screen iPhone untuk langkah ini pertama-tama siapkan ikon aplikasi yang ingin Anda gunakan untuk ganti home screen. Caranya adalah dengan mencari ikon gratis di internet yang menawarkan ikon aplikasi yang bisa kita unduh secara gratis.

Pada website Anda bisa mengunduh 5-10 ikon dengan warna, tema dan desain yang sama. Kemudian simpan ikon pada aplikasi Photos atau buat folder khusus.

Kemudian masuk ke aplikasi Shortcuts pada iPhone 14, langsung tab My Shortcuts dan tekan opsi Folder Baru pada bagian kanan atas. Namun jangan sampai lupa untuk memberikan nama sesuai dengan tema ikon yang Anda buat.

Selanjutnya buat Shortcuts baru yang terletak pada opsi Action lalu gunakan menu Scripting-Open App pada bagian atas layar. Cari aplikasi yang Anda inginkan dengan ikon Shortcut lalu tekan tekan titik 3 horizontal untuk memberi nama.

Terakhir setelah memberi nama klik opsi Add to Home Screen pada bagian bahwa tempat memberi nama. Beri nama ikon pada home screen dan terakhir tekan lalu pilih foto yang akan Anda gunakan dari ikon yang sudah terunduh.

Setelah mengetahui cara ganti home screen iPhone, mungkin kini Anda bisa langsung melakukannya. (R10/HR-Online)