Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Ganti Memory Card di Android Biar Penyimpanan Kian Lega

Cara Ganti Memory Card di Android Biar Penyimpanan Kian Lega

Cara ganti memory card di Android seringkali dipraktikkan untuk memperluas penyimpanan. Pada dasarnya, cara ganti memory card bisa dilakukan secara mudah di HP Android. Berikut ini tutorial HP Android selengkapnya untuk Anda.

Baca Juga: Cara Setting Joystick di HP Android, Main Game Jadi Makin Seru!

Pahami Cara Ganti Memory Card di Android

Sebagaimana yang kita tahu bahwa memory card berperan penting sebagai penyimpanan di dalam ponsel. Memory card ini tersedia dalam beragam kapasitas. Saat memory card sudah penuh, mau tidak mau Anda harus mengganti dengan kartu yang baru.

Dengan penggantian kartu tersebut, maka ruang penyimpanan bisa terasa lapang kembali. Anda pun bisa menyimpan file secara leluasa tanpa perlu khawatir penyimpanan akan penuh. Untuk mengganti memory card, Anda perlu melepas kartu yang lama terlebih dahulu.

Setelah itu, memasang memory card yang baru. Selain untuk memperluas penyimpanan, penggantian memory card seringkali dilakukan juga karena error system pada kartu yang lama. Lantas bagaimana cara mengganti memory card?

  1. Buka slot memory card untuk melepas kartu yang lama.
  2. Setelah itu, masukkan memory card baru ke slot tersebut.
  3. Nantinya akan muncul informasi mengenai Kartu SD Baru. Anda klik saja Set Up.
  4. Langkah selanjutnya, Anda bisa klik Use A Internal Storage.
  5. Alternatif lainnya, Anda bisa pilih menu Settings. Kemudian klik Storage.
  6. Lalu klik Card dan pilih tombol Menu.
  7. Jika sudah, klik Storage Settings dan pilih Format As Internal.
  8. Kemudian klik Format SD Card. Bisa juga Erase & Format.
  9. Apabila Anda ingin memindahkan file ke memory card yang baru, bisa klik Move Content.

Baca Juga: Cara Sinkron Kontak Gmail ke Android, Intip Langkah Mudahnya!

Jenis Memory Card

Setelah mengetahui cara ganti memory card di HP Android, perlu untuk Anda pahami pula bahwa kartu ini tersedia dalam beragam jenis. Mulai dari Mini SD, Micro SD, SDHC, dan SDXC. Tiap jenis memory card tersebut memiliki kapasitas yang berbeda-beda.

Untuk mini SD dan micro SD, termasuk jenis memory card yang lebih kecil. Memory card ini sering ditemukan pada tablet dan ponsel. Meski ukurannya kecil, namun memory card ini memiliki kecepatan transfer yang kencang.

Kemudian SDHC. Memory card yang merupakan singkatan Secure Digital High-Capacity ini memiliki kapasitas 4 GB hingga 32 GB. Sementara SDXC memiliki kapasitas lebih besar mencapai 64 GB hingga 256 GB.

Kegunaan Memory Card

Selain tersedia dalam beragam jenis, memory card juga memiliki kegunaan tersendiri. Kartu memori pada umumnya berperan penting sebagai penyimpanan eksternal. Sebagaimana yang kita tahu bahwa di dalam ponsel sudah tersedia RAM dan penyimpanan internal lapang.

Hanya saja, penyimpanan internal tersebut terasa kurang sehingga perlu memperluasnya dengan cara ganti memory card di HP Android. Sebagai penyimpanan eksternal, memory card berguna untuk menyimpan berbagai file penting. Mulai dari foto, video, dokumen, aplikasi, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhan pengguna.

Baca Juga: Cara Mengetahui Jenis GPU Android Lewat Situs dan Aplikasi

Tips Memilih Memory Card HP

Tak bisa kita pungkiri bahwa kegunaan memory card sangat penting dalam menunjang performa ponsel. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih memory card berkualitas sehingga bisa berfungsi secara optimal. Adapun salah satu tips yang penting untuk Anda perhatikan saat memilih memory card HP yaitu mencermati kapasitasnya.

Pastikan Anda memilih memory card yang memiliki kapasitas sesuai dengan spesifikasi HP. Apabila memory card tersebut tidak kompatibel dengan HP yang Anda gunakan, maka hanya percuma. Memory card tersebut tak bisa Anda manfaatkan.

Selain kapasitas, perhatikan pula garansi. Jelas akan terasa menguntungkan apabila Anda memilih memory card yang berbekal garansi. Dengan begitu, apabila memory card mengalami error system atau tidak terbaca di perangkat yang Anda gunakan, bisa klaim garansi.

Dengan adanya garansi, Anda juga bisa terhindar dari keluar biaya tambahan ataupun hal-hal tidak diinginkan lainnya. Anda akan jauh dari kata rugi apabila memilih memory card yang bergaransi. Pastikan Anda tidak mengabaikan tips yang satu ini.

Cara ganti memory card di Android terbukti memberikan banyak keuntungan bagi pengguna. Apalagi tutorial melakukannya cukup mudah sehingga tak perlu ragu mencobanya, termasuk pemula sekalipun. Pada dasarnya, penggantian memory card dengan kapasitas yang lebih besar juga membuat performa ponsel semakin mumpuni. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar